Hendra Setiawan

FFSPORTZ.COMHendra Setiawan – Salah satu dari duet ganda putra terbaik Indonesia, Hendra Setiawan ternyata mengidolakan mantan pemain bulu tangkis, Tony Gunawan. Sebelumnya, beberapa waktu lalu sempat muncul kepermukaan kabar seputar Tony Gunawan sekarang menjadi atlet bulu tangkis Amerika Serikat. Kok bisa? dengan menjadi atlet bulu tangkis Amerika Serikat, bearti  saat ini dia sudah menjadi warga negara Amerka Serikat. Hendra dikenal sebagai atlet bulu tangkis yang sangat lihai saat netting saat bertanding. Pasangan dari Mohammad Ahsan itu mengaku kalau gaya permainannya terinspirasi dari teknik bermain Tony Gunawan.

Hendra Setiawan idolakan Tony Gunawan dan puji Kevin Sanjaya

Melalui wawancara via virtual bersama PB PBSI lewat Instagram live, Hendra Setiawan mengatakan kalau pemain bulu tangkis favoritnya adalah Tony Gunawan. Hendra selalu melihat aksi dari sang idola saat berlaga melalui video. Hendra mencoba untuk mengikuti gaya permainan Tony, namun tidak bisa, sehingga dia mengembangkan sendiri permainannya. Sebagai catatan, Tony Gunawan merupakan atlet bulu tangkis Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade 2000 di Sydney, Australia. Selain Tony, Hendra juga memuji permainan dari mantan atlet bulu tangkis lainnya yaitu Sigit Budiharto.

Sementara untuk saat ini, pemain ganda putra yang meraih medali emas di Olimpiade Beijing itu mengatakan kalau Kevin Sanjaya adalah atlet bulu tangkis penerus Tony Gunawan dan Sigit Budiarto. Kevin Sanjaya Sukamuljo, salah satu duo The Minion itu disebut Hendra memiliki teknik permainan yang mendekati kemapuan dua pebulu tangkis legenda tersebut.  Hendra juga mengaku kalau dirinya sering kalah dalam berhadapan dengan Kevin. Meski terhitung senior, namun ganda putra Ahsan/Hendra tercatat hanya mampu menang dua kali dari total 13 pertemuan dengan Marcus/Kevin. Dua kemenangan tersebut diraih duo yang berjuluk The Daddies itu saat bertanding di Indonesia Open 2015 dan Malaysia Open 2016.

Hendra Setiawan sempat sulit ganti pasangan dengan Ahsan

Sedikit bergeser dari pengakuan Hendra terhadap pemain bulu tangkis idolanya, sebelum dirinya dipasangkan dengan Muhammad Ahsan, Hendra Setiawan mengawali kariernya di sektor ganda putra berpasangan dengan Markis Kido. Diketahui bahwa Hendra akhirnya dipasangkan dengan Ahsan pada pengunjung tahun 2012. Pebulu tangkis 35 tahun itu ungkap masa – masa sulit yang dialaminya selama bermain bulu tangkis dengan kedua pebulu tangkis pasangannya itu. Pasangan Hendra/Kido sempat menjuarai turnamen bergengsi seperti Olimpiade Beijing, Kejuaraan Dunia 2007 dan ganda putra terbaik dunia, akhirnya mereka berpisah.

Setelah dipasangkan dengan Ahsan, Hendra mengaku kalau cukup sulit sebab harus mulai dari awal. Untuk membangun chemistry antara keduanya tidak berjalan mulus. Hendra/Ahsan alami masa sulit ketika harus angkat kaki sejak awal pertandingan pada ajang Olimpiade Rio, Brasil. Tercatat, ganda putra Hendra/Ahsan kini sebagai ganda putra terbaik kedua, mereka mengoleksi tiga kali juara dunia, dua gelar All England, juara BWF tour Finals 2019 dan sejumlah sejumlah turnamen World Tour dan Super Series. Kini, Hendra/Ahsan fokus untuk mempersiapkan diri untuk ajang Olimpiade Tokyo pada 2021 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here