Tenis Wimbledon
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMTenis Wimbledon – Dikarenakan pandemi virus Covid-19 masih mengahantui di seluruh dunia, ajang tenis tertua di dunia Wimbledon diputuskan telah dibatalkan 1 April kemarin.  Meskipun begitu, ada hal yang menarik yaitu pihak penyelenggara akan tetap memberikan uang hadiah yang disediakan akan dibagi secara merata berdasarkan posisi atlet. Kabar ini di dukung dengan pernyataan All England Lawn Tennis Club (AELTC) pada Jumat, 10 Juli 2020 bahwa uang hadiah akan dialokasikan kepada para petenis. Tak tanggung – tanggung pihak penyelenggara akan membayar 620 petenis yang tercatat bermain di Wimbledon tahun 2020.

Hadiah tenis Wimbledon dibagikan pada atlet tenis berdasar peringkat

Menurut laporan dari AELTC, total hadiah dalam ajang tenis Wimbledon yaitu 10 juta Pound streling atau sekitar Rp 181,82 miliar.  Pihak penyelenggara nantinya membagi rata sesuai proporsi kepada 620 petenis. Turnamen Grand Slam Wimbledon seharusnya berlangsung pada 29 Juni-12 Juli, tapi kemudian dibatalkan. Tidak seperti turnamen grand slam lainnya, pihak Wimbledon sendiri sudah mengasuransikan turnamen tersebut. Dengan adanya asuransi tersebut, seandainya ada masalah misalnya seperti pembatalan, maka tidak akan memberikan dampak terhadap keadaan finansial mereka.

Menurut pernyataan dari Chief Executive Wimbledon, Richard Lewis mengatakan bahwa pihaknya senang dengan polis asuransi mereka dimana mampu mengenali dampak dari pembatalan ini. Sekarang, pihaknya dalam posisi untuk menawarkan pembayaran ini sebagai hadiah atas kerja keras yang telah para atlet investasikan.  Dimana mereka adalah petenis yang lolos ke kejuaraan Wimbledon 2020. Sejauh ini baru  turnamen Grand Slam  Wimbledon yang dibatalkan pada 2020 ini. Australia Open 2020 kemarin sudah dimainkan karena memang belum ada pandemi Covid-19.

Pembagian hadiah dalam rangka memberikan apresiasi kepada atlet

Pihak AELTC mengatakan bahwa pembagian hadiah Wimbledon merupakan satu bentuk apresiasi kepada atlet meski turnamen telah dibatalkan. Kepada Evening Standard, Lewis menuturkan kalau sesaat setelah kompetisi dibatalkan, pihaknya langsung menaruh perhatian kepada pihak yang membantu penyelenggaraan turnamen Wimbledon. Pihaknya tahu bahwa sejumlah pihak khawatir selama beberapa bulan terakhir, termasuk para pemain tenis. Banyak diantara mereka yang mengalami masalah finansial. Berikut ini pembagian uang hadiah Wimbledon sesuai dengan peringkat dunia mereka.

  1. Petenis tunggal putra yang lolos ke undian utama yaitu sebanyak 256 orang menerima masing – masing 25 ribu pounds atau Rp 454,6 juta.
  2. Petenis yang bertarung di kulaifikasi yaitu sebanyak 224 orang menerima masing-masing 12.500 Pounds atau Rp227,3 juta.
  3. Petenis yang bermain di ganda yaitu sebanyak 120 orang menerima masing – masing 6.250 Pounds atau Rp 113,6 juta.
  4. Petenis yang bermain di kursi roda yaitu sebanyak 16 orang menerima masing – masing 6.000 pounds atau Rp109 juta.
  5. Petenis yang bermain di Quad kursi roda yaitu sebanyak empat orang menerima masing-masing 5.000 Pounds atau Rp90,9 juta.

Selain itu, pihak AELTC juga mengumumkan bahwa proses seeding atau penentuan pemain unggulan untuk kategori tenis putra (ATP) akan berubah mulai tahun depan. Sedangkan untuk kategori putri (WTA) tetap sejak 2002 lalu. Kemudian, AELTC akan langsung fokus untuk persiapan Wimbledon 2021 yang akan digelar pada 28 Juni hingga 11 Juli tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here