Gelaran Proliga 2020 Dihentikan Sebagai Imbas COVID-19 Kian Mewabah

FFSPORTZ.COM – Seiring kian merebaknya wabah virus corona yang tengah menjangkiti diseluruh tanah air bahkan penjuru dunia, maka kompetisi voli Proliga 2020 diputuskan untuk dihentikan. Seri liga voli paling bergengsi Proliga tengah sampai pada babak Final four yang sedianya akan di gelar di padepokan voli Jenderal polisi Kunarto Sentul, Bogor, Jawa Barat kini ditiadakan. Jika Final Four dihentikan maka secara otomatis babak final juga tidak akan digelar. Langkah yang diambil untuk meniadakan kelanjutan Proliga 2020 ini setelah mempertimbangkan beberapa rujukan salah satunya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB). Pihak BNPB telah memperpanjang status darurat virus corona hingga 29 Mei serta tidak mengizinkan untuk menyelenggarakan event atau kegiatan.

Pihak PBVSI berikan surat kepada sponsor dan klub Proliga

Diketahui bahwa pihak Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) melalui surat resmi yaitu 170/PP/PBVSI/III/2020 yang tertanggal 18 Maret 2020 yang disampaikan kepada pihak sponsor dan tim manajer Proliga 2020. Dalam surat tersebut berisikan keputusan untuk menghentikan pertandingan kompetisi bola voli Proliga 2020 sampai dengan ranking babak penyisihan. Surat tersebut sudah ditandatangani oleh Ketua Umum PBVSI yaitu Bapak Imam Sudjarwo dan juga Direktur Proliga Hanny S. Surkatty.

Diketahui bahwa keputusan untuk menghentikan event ini muncul satu hari setelah pihak panitia penyelenggara mengumumkan bahwa sisa pertandingan Proliga 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal. Sehingga babak final four dan Grand final Proliga 2020 telah ditiadakan. Setelah satu hari berselang dari pengumuman tersebut, pihak panitia Proliga 2020 kemudian meminta maaf kepada seluruh masyarakat khususnya kepada para penggemar Proliga atas keputusan pemberhentian sisa pertandingan musim ini.

Penentuan juara Proliga 2020 jatuh kepada pemenang fase Putaran kedua

Sekedar informasi saja, sebelum adanya pengumuman penghentian Proliga 2020 musim ini, pada babak Final Four pertama akan digelar di GOR Joyoboyo Kediri, 3-5 April 2020 mendatang. disebabkan mewabahnya virus Corona maka tempat dipindah ke lokasi lain di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor dan tanpa penonton. Berlanjut ke jadwal final four kedua yaitu di GOR Sritex Arena, Solo, 10-12 April 2020. Sedangkan untuk Grand Final akan digelar pada 18 dan 19 April di GOR Amongrogo, Yogyakarta.  Sekarang pertanyaany, lalu siapa yang akan menjadi pemenang Proliga 2020 ini?

Menurut informasi, apabila Proliga 2020 diputuskan berakhir hingga babak penyisihan yaitu Putaran kedua, dengan demikian sudah dipastikan bahwa trofi juara akan jatuh pada pemenang fase penyisihan dan sekaligus pemimpin klasemen Proliga 2020 terakhir.  Untuk sektor tim voli putra gelar juara akan diraih oleh tim Jakarta BNI 46 sedangkan untuk sektor putrid akan jatuh pada tim Jakarta Pertamina Energi.  Sebagai informasi tambahan, per tanggal 18 Maret 2020 kemarin, tercatat sudah ada 227 kasus corona dan 19 diantaranya dinyatakan meninggal dan 11 dinyatakan sembuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here