Gelaran Playoff Dan Final Fed Cup 2020 Di Budapest Resmi Ditunda Karena Corona

FFSPORTZ.COM – Hari ini, Kamis 12 Maret 2020, pengumuman yang mengejutka datang dari  Federasi Tenis Internasional (ITF). Mereka mengumumkan bahwa kejuaraan tenis beregu putri Fed Cup BNP Paribas Finals dan Playoff 2020 yang dijadwalkan pada April mendatang akan resmi ditunda. Pada kompetisi Tenis Internsional yang akan digelar di Budapest, Hungaria tersebut ditunda dengan alasan tidak lain dan tidak bukan karena penyebaran virus corona. Hungaria telah melaporkan adanya 13 kasus positif corona, dengan satu di antaranya meninggal dunia. Menurut pernyataan dari Presiden ITF, David Haggesty mengatakan bahwa pihaknya sangat kecewa dengan keputusan ini, namun mereka juga tidak akan mengorbankan keselamatan dan kesejahteraan petenis, kapten, staf dan juga tentunnya penonton.

Pihak Federasi Tenis Internasional sangat preventif terhadap Corona

Keputusan untuk melakukan penudaan gelaran turnamen Fed Cup BNP Paribas Finals adalah memang semata – mata untuk tindak pencegahan penularan virus corona. Diketahui bahwa keputusan tersebut dicetuskan oleh pihak dewan Eksekutif ITF bersama dengan panitia penyelenggara turnamen. Mereka dinstruksi oleh pihak atau otoritas berwenang pemerintah Hungaria selaku tuan rumah yang mengeluarkan status darurat kesehatan di negara tersebut terkait virus corona.

Menurut informasi yang didapat, salah satu langkah tindakan preventif yang dilakukan oleh pemerintah diantaranya dengan melarang adanya pertemuan yang melibatkan lebih dari 100 orang untuk event atau acara yang digelar di dalam ruangan. Sedangka untuk acara atau event diluar ruangan, pihak berwenang Hungaria hanya membolehkan tidak lebih dari 500 orang. Aturan ini berlaku untuk semua kegiatan tak terkecuali olahraga yang sudah sangat jelas melibatkan banyak orang di dalamnya.

Pihak ITF akan menjadwal ulang Final Fed Cup 2020

Dengan adanya penundaan pada gelaran Final Fed Cup 2020 tersebut, pihak ITF akan melaksanakan penjadwalan ulang final Fed Cup 2020 dan palyoff. Selain itu mereka juga akan terus berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan termasuk juga dengan pemerintah setempat, lalu Asosiasi Tenis Hungaria (HTA) dan Asosiasi Tenis Wanita (WTA) untuk menentukan tanggal alternatif. Tidak hanya itu mereka juga akan berkolaborasi dengan rekan mereka diseluruh cabang olahraga untuk memastikan dampak virus corona terhadap semua pihak yang terlibat dalam gelaran tersebut terlebih dengan para atlit.

Pihak ITF bertekad untuk tetap menggelar turnamen tersebut, mengingat Fed Cup merupakan kejuaran kualifikasi Olimpiade 2020. Mereka juga akan lakukan komunikasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk membahas soal dampak dari pembatalan tersebut terhadapa para atlet yang sedang mengincar tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Seperti yang sudah dijadwalkan, Final Fed Cup akan digelar pada 14 hingga 19 April di Laszlo Papp Sport Arena, Budapest, Hungaria. Lalu untuk babak playoff dimulai pada 17 hingga 18 April di delapan negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here