Ganda Putra Bulutangkis Indonesia Prioritaskan Turnamen Besar Jelang Olimpiade

FFSPORTZ.COM – Pihak PBSI telah mengeluarkan pernyataan yang ditujukan kepada Sektor ganda putra bulu tangkis Indonesia. Pernyataan tersebut adalah untuk lebih selektif menentukan turnamen yang akan diikuti, hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi dan mengurangi beban mental. Sebab mereka akan dipersiapkan untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang akan digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Untuk turnamen kedepan misalnya rangkaian turnamen yang akan diselenggarakan di Eropa, Hendra Setiawan dan kawan – kawan hanya akan berlaga di All England.

All England dan Swiss Terbuka jadi pilihan turnamen ganda Indonesia

Diketahui bahwa All England akan diselenggarakan pada 11 – 15 Maret di Arena Birmingham, Inggris. selain itu ada rangkaian bulutangkis yang akan di gelar di Eropa lainnya yaitu Jerman dan Swiss Terbuka.  Namun, seiring dengan pengumuman tentang batalnya turnamen bulutangkis German Open 2020 yang sejatinya akan digelar pada 3 hingga 8 Maret karena ancaman virus corona. Tim bulutangkis Indonesia hanya ada dua pilihan untuk menambah poin peringkat dunia yaitu All England dan Swiss Terbuka pada 16-22 Maret 2020. Menurut informasi hingga kemarin, 28 Februari 2020 tidak ada pembatalan atau penundaan untuk kedua turnamen tersebut.

Ganda Indonesia Hendra/ Ahsan dan Fajar/ Rian Ardianto Kecuali Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon adalah ganda yang selalu tampil dalam dua turnamen Eropa pada 2018 dan 2019. Turnamen yang mereka pilih adalah antara All England dan Jerman Terbuka atau All England dan Swiss Terbuka. Namun pada penyelenggaraan Olimpiade kali ini, ganda putra Indonesia Hendra/Ahsan, Fajar/rian dan juga Kevin/Markus masuk dalam daftar undian All England. Sementara ganda putra Indonesia yang akan berlaga di All England adalah Wahyu Nayaka/Ade Yusuf Santoso.

Ganda putra Indonesia wakil Olimpiade prioritaskan turnamen besar

Tercatat bahwa nomor ganda putra menjadi salah satu nomor yang telah mengamankan dua tiket olimpiade selain tunggal putra meski periode kualifikasi baru berakhir pada 26 April mendatang. berdasarkan hal tersebut, nomor ganda harus lebih selektif dalam memilih turnamen demi mencapai tujuan yaitu berlaga di Tokyo. Tim pelatih ganda putra memprioritaskan turnamen – turnamen besar untuk pemain yang berpeluang besar maju di Olimpiade seperti Kevin/Marcus dan Hendra/ahsan.

Turnamen bulutangkis All England menjadi pilihan pasti timnas Indonesia. All England adalah salah satu dari tiga turnamen berlevel tinggi dalam struktur turnamen Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF) yaitu dengan kategori BWF Super 1000. Selain All England ada dua turnamen lainnya yaitu Indonesia Terbuka dan China Terbuka. Semua Ganda Indonesia harus mempertahankan poin yang telah mereka raih jika tidak ingin posisi mereka di geser oleh pebulutangkis lainnya. Setelah Eropa, ganda The minions dan The Daddies akan berlaga di turnamen Asia, yaitu Malaysia Terbuka (31 Maret-5 April) dan Singapura Terbuka (7-12 April). Akan tetapi untuk Fajar/Rian dan para pebulutangkis muda akan lebih dulu bertarung di India Terbuka  pada 24-29 Maret nanti, sebelum menyusul ke Malaysia dan Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here