Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMBadminton Malaysia – Kabar buruk menghampiri jagad bulu tangkis Negeri Jiran Malaysia lagi. Kabar tersebut datang dari pasangan ganda campuran yang meraih medali perak pada Olimpiade Rio 2016. Mereka adalah Chan peng Soon/Goh Liu Ying. Pasangan ganda campuran andalan  Malaysia itu berani untuk mengambil keputusan yang besar, mereka memutuskan pergi dari tim nasional Malaysia. Dengan pergi dari Timnas, mereka harus siap untuk menghadapi kemungkinan adanya tantangan berat di masa depan.

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying putuskan pergi dari Timnas Malaysia

Kemarin, pada sebuah wawancara langsung dengan “ASTRO” pebulu tangkis Goh Liu Ying mengatakan bahwa dirinya dan duet campurannya, Chan Peng Soon memutuskan untuk meninggalkan tim nasional Malaysia dua tahun lalu. Mereka beralasan bahwa kepergian mereka dari Timnas adalah demi untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional. Meskipun mereka tahu kalau mereka akan menghadapi perjalanan yang sulit. Akan tetapi mereka percaya bahwa nantinya akan tetap berkembang. Liu Ying mengungkapkan bahwa menjadi pebulu tangkis profesional tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi misalnya mengatur pelatihan dan pergi ke luar negeri, dan sampai memesan hotel.

Kemudian, pada waktu yang bersamaan, pemain perlu mempertimbangkan bagaimana mengatur pelatih. Ini semua merupakan hal – hal penting yang perlu bagi pemain profesional untuk menjadi bahan pertimbangan. Menurut penuturan Liu Ying, dia dan Chan Peng Soon biasanya berlatih dengan Goh V Shem/Tan Wee Kiong yang lebih sulit namun efektif baginya. Menurut Liu Ying pemain putri mungkin bergerak lebih lambat dan pemain putra lebih cepat dan lebih kuat. Kemudian, latihan berbeda dari permainan, begitu Liu Ying masuk ke lapangan, ia membutuhkan sedikit waktu untuk penyesuaian di game pertama.

Chan Peng Soon tinggalkan timnas karena tak sejalan dengan pelatih

Pasangan duet Goh Liu Ying, Chan Peng Soon juga mengatakan bahwa dia memilih untuk meninggalkan timnas pada saat itu sebab dia mempunyai ide yang berbeda dari pelatih atau sudah tak sejalan. Ganda campuran tersebut putuskan untuk menjadi pemain profesional secara bersamaan.  Dia mengatakan bahwa setelah pergi dari Timnas, semuanya tergantung pada diri sendiri, termasuk menemukan sponsor. Chan Peng Soon merasa kehilangan hari – hari bersama rekan setimnya. Namun keputusan telah dibuat dan tidak dapat melihat ke belakang. Semua harus mengandalkan diri sendiri untuk mengejar yang terbaik.

Di sisi lain, diketahui bahwa pihak Federasi Badminton Malaysia mengundang mereka untuk bergabung dengan tim nasional. Mereka rencananya akan bergabung dengan Timnas Malaysia untuk persiapan gelaran olahraga terakbar di dunia yakni Olimpiade Tokyo. Namun, Chan Peng Soon mengatakan bahwa dia tidak pernah memikirkan pengaturan seperti itu. Chan Peng Soon beralasan bahwa dengan begitu meninggalkan timnas, pada dasarnya tidak ada kesempatan untuk masuk kembali ke Akademi Badminton Malaysia.  Dia kini mengucapkan terima kasih kepada Seri Norza Zakaria selaku Presiden BAM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here