Format Baru Liga Champions Akan Digelar Setelah Liga Elite Eropa Usai

FFSPORTZ.COMLiga Champions – Jika sebelumnya ada kabar bahwa liga Jerman akan segera bergulir memang benar adanya namun kapan pastinya masih dirundingkan. Seperti yang diketahui bersama kalau liga – liga top Eropa belum ada satu pun yang digelar kembali dan bahkan ada yang sudah memutuskan untuk dihentikan semenjak dilakukan penangguhan imbas dari pandemi Covid-19. Lalu bagaimana dengan nasib Liga Champions dan Liga Europa musim ini?  Saat wabah corona mulai meluas, Liga Champions tengah memainkan laga di babak 16 besar. Diketahui ada empat klub yang sudah memastikan lolos ke babak delapan besar. Sementara untuk Liga Europa juga di tengah babak 16 besar sebelum akhirnya ditangguhkan. Dengan menyisakan dua partai yang harus menjalani dua leg sementara yang lain sudah memainkan di leg pertama.

Liga Champions dan Liga Europa ditargetkan selesai bulan Agustus

Menurut Anggota Exco UEFA dimana juga sebagai presiden liga – liga Eropa, Lars-Christer Olsson mengatakan kalau target selesai bulan Agustus dan belum berubah. Sejauh ini memang informasi tersebut yang beredar di ditelinga para pecinta sepak bola, yaitu Liga Champions dan Liga Europa akan selesai dituntaskan pada bulan Agustus.  Jika hal tersebut mungkin terjadi, maka Lars-Christer Olsson menilai bahwa hal tersebut merupakan hal yang bagus. Dikarenakan pihaknya telah mampu menjaga integritas di bagian akhir dari sepak bola internasional pada musim 2019-2020.

Olsson dan pihaknya akan memutuskan mengenai nasib Liga Champions dan Liga Europa paling tidak pada akhir Mei ini. Jika tidak, maka sulit untuk bisa memasukkan dalam agenda dengan mempertimbangkan klub – klub yang lolos di musim yang baru mendatang. Hal itu juga didukung dari  pihak Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) yang sudah mengadakan telekonferensi pada 1 April lalu. Dalam pembicaraan tersebut, Liga champions dan Liga Europa 2019-2020 kembali digelar pada bulan Juli hingga Agustus 2020.

Liga Champions digelar dengan format baru usai liga elite Eropa selesai

Setelah adanya informasi dari pihak UEFA, pertanyaan yang timbul adalah mengapa UEFA memundurkan kompetisi hingga Juli 2020? Pihak UEFA mempertimbangkan untuk memilih bulan Juli dikarenakan berharap kalai liga – liga Top Eropa seperti liga Inggris, Italia, bundesliga, Spanyol dan lainnya juga selesai dibulan Juli 2020. Sebagai informasi saja, ada wacana kalau kompetisi liga – liga Eropa akan kembali digelar pada bulan Juni 2020. Mereka akan menjalankan sisa kompetisi secara cepat dari Juni hingga Juli 2020. Dan tentu saja demi keselamatan dan kesehatan banyak pihak, pertandingan akan dijalankan tanpa penonton.

Setelah Liga – liga Top Eropa selesai, baru UEFA akan mulai menggelar Liga Champions. Mengapa seperti ini? Jika Liga Champions berbarengan dengan Liga – liga Eropa maka yang akan menjadi risiko paling besar adalah kesehatan pemain. Para pemain akan jalani laga yang berat dan padat jika berbarengan digelar. Pertanyaan selanjutnya, apakah sisa Liga Champions musim 2019-2020 digelar sesuai format lama? Diketahui ada empat laga leg II babak 16 besar dan rencananya akan digelar sesuai dengan format lama. Baru setelah di babak perempat final akan dilakukan modifikasi format pertandingan. Dengar – dengar babak perempat final akan memakai single match. Kemudian, semifinal serta final juga akan menggunakan single match dan digelar di Stadion Ataturk, Istanbul, Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here