Pemain Naturalisasi Timnas Basket Indonesia

FFSPORTZ.COM – Nampaknya Federasi Bola basket duna (FIBA) cukup serius dalam membantu jagad basket Indonesia. Mereka tidak hanya ingin Indonesia menjadi tuan rumah pada Piala Dunia Basket 2023, tetapi mereka mendukung tim Garuda lolos ke ajang Turnamen basket tertinggi itu.  Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia tidak secara otomatis bisa lolos ke putaran final.  Ada yang harus dilewati timnas yaitu lolos Kualifikasi Piala Asia Basket 2021. Skuad Maulana Fareza Tamrella menargetkan tembus 10 besar FIBA Asia Cup 2021.

FIBA bantu mencarikan atlit basket Keturunan Indo

Abraham Wenas dkk berambisi untu lolos Kualifikasi Piala Asia Basket 2021, dan untuk mewujudkan hal itu, FIBA siap membantu timnas  dengan mencarikan pemain keturunan. Para pebasket keturunan yang akan diketemukan akan dianggap pemain lokal seperti halnya pebasket Brandon Jawato. Menurut ketua Perbasi, Danny Kosasih, program tersebut sesuai dengan rencana FIBA. Wakil FIBA datang setiap bulan ke Indonesia untuk memantau perkembangan tim – tim basket Indonesia.

Diketahui bahwa pihak sangat getol ingin membantu mencarikan pemain – pemain yang berdarah setengah Indonesia (Indo) atau blasteran. Tercatat Timnas basket Indonesia hanya memiliki satu pemain keturunan indo yaitu Brandon Jawato yang sudah masuk daftar list pemain. Brandon merupakan pebasket asal Amerika Serikat dengan ayah asli Bali.

Timnas Lakoni Kualifikasi FIBA Asia 2020 tanpa pemain naturalisasi

Pada laga windows pertama Kualifikasi FIBA Asia 2020, Tim nasional basket Indonesia tidak diperkuat pemain naturalisasi. Sebenarnya Indonesia mempunyai beberapa opsi pemain naturalisasi diantaranya Brnadon jawato,Lester Prosper dan Jamarr Johnson. Sedikit ada persoalan saat melakukan Proses naturalisasi pada Lester Prosper dan Brandon Jawato, yaitu timnas alami keterlambatan. Sedangkan untuk Jamarr, timnas tidak mau menanggung risiko. Diketahui bahwa jamarr baru pulih dari cedera akibat Achilles, sehingga ini menjadi pertimbangan Abraham Wenas dkk untuk memakai jamarr.

Windows pertama Kualifikasi FIBA Asia 2020 di Mahaka Square, Jakarta, sudah akan dimulai hari ini 20 hingga 23 Februari 2020. Pelatih  Toroman dengan sistem melatihnya akan sulit diadaptasi jamarr dan cukup riskan kalau menunggu proses naturalasi Brandon dan Lester. Sebagai mereka mereka, timans basket Indonesia memanggil Derrick Michael dan Muhammad Arighi. Tim Garuda hanya memainkan pemain lokal untuk laga basket saat mengahdapi Filipina dan Korea Selatan nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here