Fakta unik dan Menarik gelaran Wimbledon, Grand Slam Tertua di Dunia

FFSPORTZ.COM – Turnamen Wimbledon adalah salah satu turnamen Grand Slam yang paling bergengsi di dunia. Hal ini dikarenakan Ajang tersebut di hadiri para keluarga kerajaan Inggris, seperti pangeran William, kate Middleton. Selain itu, Wimbledon merupakan lapangan yang memiliki rumput hijau yang mempercantik lapangan berbeda dengan lapangan tenis lain atau hard Court. Dengan begitu istimewanya ajang Wimbledon ini, pastinya terdapat fakta unik dan menarik yang tak boleh dilewatkan.

Berikut ini adalah fakta unik dan menarik Gelaran Grand Slam tertua di dunia

  1. Gelaran pertama di tahun 1877

Menurut  Britain Magazine, turnamen tenis ini dimulai pada 1877, yaitu tanggal 9 Juni. Para pemain tenis berkumpul di Worple Road, Wimbledon tak jauh dari lapangan Wimbledon Centre Court.

  1. Awalnya hanya untuk pria

Gelaran Tenis ini pada awalnya hanya untuk para pria, sebanyak 22 pria sebagai peserta sebagaimana dikutip dari Tennis World USA dan Britain Magazine. Namun peraturan tersebut berubah pada tahun 1884, dimana para perempuan dapat berpartisipasi tersebut.

  1. King George IV ikut bertanding

Menurut sejarah dan Britain Magazine, King George VI pernah bermain turnamen ini. Dia adalah keluarga kerajaan pertama yang mengikuti turnamen kompetitif pada tahun 1926. Akibat perang dunia 2, Centre Court menjadi rusak terkena bom tentara Nazi Jerman pada 11 Oktober 1940. Pada tahun 1949 renovasi selesai dengan melibatkan banyak tentara Inggris untuk memperbaiki Centre Court ini.

  1. “All whites only” dress code pemain

Sangat unik, sewaktu bermain pemain hanya boleh mengenakan pakaian putih. Mulai topi, baju, hingga T-shirt semuanya putih. Alasannya adalah sebuah tradisi, pada zaman Victoria, warna putih melambangkan kesopanan. Dikabarkan petenis Andre Agassi pernah menolak bermain di ajang Wimbledon karena ia ingin warna seragam yang berwarna.

  1. Jadwal unik pertandingan

peraturan turnamen lain dimulai dengan cara undian, berbeda dengan Wimbledon. Pemain yang menang tahun lalu akan memulai pertandingan pada hari Senin tengah hari. Hal ini karena hari minggu adalah hari libur, hari waktunya istirahat. Tidak hanya itu yang membuat Wimbledon unik dan menarik, jika diketahui ada penonton yang minum alkohol terlalu banyak atau mabuk, maka ia akan dikeluarkan dari lapangan.

Demikian beberapa fakta unik dan menarik Gelaran Grand Slam tertua di dunia. Anda pecinta tenis, bersiaplah siapa saja yang akan menjuarai Gelaran Wimbledon musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here