Pelatih Tenis

FFSPORTZ.COM – Pada gelaran Australia Open kemarin jika disimak dengan seksama nampaknya ada yang berbeda dari sebelumnya. Asosiasi Tenis Putri Dunia (WTA) akhirnya mengizinkan pelatih beri instruksi kepada petenis di masa pertandingan berlangsung. Pemberian izin untuk mengintruksi petenis sangat berarti dan memberikan keuntungan tersendiri bagi atlet. Pemberian intruksi ini merupakan peraturan perdana yang dimulai di Australia open 2020, Mengingat bahwa sebelumnya pelatih tidak dizinkan untuk memberi instruksi pada atlet disaat pertandingan berlangsung.

Aturan baru disetujui banyak pihak demi kondusifnya pertandingan

Banyak pihak yang setuju dengan adanya peraturan baru ini diterapkan. Peraturan baru ini di ujicobakan untuk pertama kali pada gelaran turnamen Australia Open 2020 kali ini. Peraturan baru ini mengingatkan publik tenis dunia pada perseteruan antara petenis Amerika Serikat Serena Williams dengan wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Pada babak final gelaran Amerika Serikat terbuka 2019 kemarin kebetulan dipimpin wasit Carlos Ramos.

Pada laga Saat itu, Ramos menjatuhkan penalti terhadap Williams yang sedang bertanding melawan petenis asal Jepang, Naomi Osaka. Wasit Ramos mengetahui bahwa wakil tuan rumah Serena Williams mendapat instruksi dari pelatihnya, Patrick Mouratoglou. Pertandingan yang seru tersebut akhirnya mendapatkan Naomi Osaka sebagai Juara.

Respon Positif Terhadap Peraturan Baru Di Olahraga Tenis

Menurut penuturan pelatih Simona Halep yang juga mantan petenis Darren Cahill, sangat penting untuk melakukan perkembangan dan melakukan penerapan peraturan baru ini. Dia mengatakan bahwa WTA sudah melakukan hal yang baik. Aturan ini juga mengizinkan atlet yang sedang bertanding untuk memanggil para pelatih ke dalam lapangan dalam situasi tertentu.

Ringkasnya, peraturan baru ini memberikan izin pada Pelatih untuk memberikan isyarat atau mengatakan beberapa hal untuk membantu pemainnya yang sedang bertanding. Cahill menambahkan, Kalaupun diizinkan nantinya para pelatih juga tidak banyak memberikan instruksi dan hanya sedikit pelatih yang akan memberikan instruksi pada atlet mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here