Alyssa Tirtosentono

FFSPORTZ.COMFakta Atlet – Bagi anda penikmat olahraga bulu tangkis pasti sudah dengar salah satu pebulu tangkis belia asal Belanda. Ada yang menarik dengan atlet bulu tangkis Belanda tersebut, apa itu? jika sekilas dilihat memang dirinya tidak memperlihatkan fisik orang Belanda atau “bule”. Memang benar karena pebulu tangkis yang bernama Alyssa Tirtosentono ini berdarah asli jawa. Meskipun berdarah Jawa, Alyssa adalah atlet bulu tangkis kelahiran Belanda, tepatnya di The Hague, 29 Mei 2000. Selain memiliki darah Indonesia, apalahi yang membuat dirinya menarik untuk diperbicangkan?

Fakta menarik dari pebulutangkis Alyssa Tirtosentono

Alyssa bercerita kepada IDN Times kalau sebenarnya semula dia justru turun pada sektor tunggal putri, namun saat ini dirinya bermain di ganda putri dan ganda campuran. Meski usia belum genap betul 20 tahun, akan tetapi dirinya mempunyai mimpi besar di karier bulu tangkis. Lalu fakta menarik apalagi yang belum diketahui publik bulu tangkis dunia mengenai Alyssa? Berikut ini beberapa Fakta menarik dari pebulu tangkis Alyssa Tirtosentono.

  1. Dikenalkan bulutangkis oleh sang kakek

Alyssa dikenalkan olahraga bulu tangkis oleh sang kakek. Diketahui bahwa kakek dan nenek Alyssa asli Jawa dari Indonesia. Sedangkan kedua orangtuanya dari Suriname. Dia mulai dikenalkan dengan raket dan shuttlecock sejak usia enam tahun. Dia kerap dilatih sang kakek, lalu ayah dan saudara perempuannya juga bermain bulu tangkis.

  1. Karier profesional bulu tangkis sejak usia 13 tahun

Alyssa kini tergabung dalam Klub BC Dropshot dan Klub TSS di Denmark. Secara profesional, kariernya di dunia bulu tangkis berawal sejak usia 13 tahun ketika terpilih untuk masuk dalam seleksi Nasional Timnas Belanda untuk atlet muda. Semenjak itu dia banyak turun di banyak turnamen. Hingga pada usia 17 tahun, Alyssa mulai masuk di Timnas senior Belanda.

  1. Mimpi masuk Olimpiade 2024

Meski dibilang masih belia, akan tetapi untuk urusan bulutangkis nampaknya Alyssa tidak main – main. Dia ingin berpartisipasi di turnamen – turnamen besar dunia dan Olimpiade pada 2024 adalah impiannya untuk jangka panjang.

  1. Prestasi di bulu tangkis

Prestasi tertinggi Alyssa saat ini medali perak di sektor ganda campuran bersama rekannya Wessel Van Der Aar di kejuaraan Bulu Tangkis Eropa Junior 2018. Selain itu, dia juga mampu lolos menuju babak perempat final di nomor ganda di Kejuaraan Dunia Junior Yogyakarta pada 2017 lalu.

  1. Jadwal latihan bulu tangkis yang disiplin

Menjadi atlet bulu tangkis profesional membuat Alyssa memilih tinggal di Sports Center Papendal. Alyssa menjalani latihan bulu tangkis dimulai sejak pagi dari pukul 09.00 – 11.30. Setelah makan siang, Alyssa latihan fisik mulai pukul 15.30.  Dia berlatih dua kali sehari dari senin hingga minggu.

  1. Suka dengan Jump Smash Arisa Higashino

Meski mengaku tidak memiliki idola atlet bulu tangkis, namun sosok pebulu tangkis asal Jepang, Arisa Higashino menjadi atlet yang memiliki tempat tersendiri di hatinya.  Alyssa memuji setiap aksi Arisa Higashino, menurutnya dia adalah pebulu tangkis yang luar biasa. Bahkan Alyssa menyukai Jump Smash yang dilakukan oleh Arisa Higashino. Terlepas dari itu semua, Alyssa ingin mengembangkan gayanya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here