Fakta Malaysia Masters

FFSPORTZ.COM – Gelaran rangkaian BWF World Tour 2020 sudah bergulir. Negara perdana yang menyelenggarakannya adalah Malaysia. Sebagai partai pembuka, gelaran Malaysia Master 2020 ini menjadi gelaran pertama yang mengawali BWF World Tour hingga Desember mendatang. Sebagai pembuka, gelaran Malaysia Master 2020 akan menjadi turnamen pertama yang mengawali BWF World Tour yang tak putus sampai Desember nanti. Turnamen yang sudah selesai pada 7-12 januari 2020 lalu ini ternyata menyisakan beberapa fakta menarik yang patut untuk disimak.

Usia masih 10 tahun, Malaysia Master 2020 tawarkan hadiah selangit

Diantara ketujuh turnamen berlevel Super 500, Malaysia Masters terhitung sebagai turnamen yang baru. Malaysia Masters pertama kali digelar pada tahun 2009 kemarin. Turnamen yang masih berusia 10 tahun ini ketika di awal gelarannya bernama Malaysia Open Grand Prix Gold. Pada masa itu, Malaysia Masters dilaksanakan pada 23-28 juni di Stadion Bandaraya, Johor Bahru.

Dengan adanya peningkatan status dari Grand Prix Gold menjadi Malaysia Masters dan saat ini berstatus BWF Super 500, secara mengejutkan menawarkan hadiah tiga kali lipat lebih besar. Dari yang awalnya 120.000 dollar US, kemudian 350.000 dollar US dan pada perhelatan Malaysia Master 2020 kemarin menawarkan hadiah total 400.000 dollar US atau sekitar Rp. 5,5 milyar.

Dominasi pebulu tangkis tuan rumah pada Malaysia Masters 2020

Seperti kebanyakan turnamen bulutangkis pada umumnya, tuan rumah Malaysia Masters 2020 telah mendominasi pertandingan. Setidaknya ada 12 kali wakil Malaysia mendapatkan gelar. Kemudian Indonesia menyusul satu gelar dibawahnya 11 kali. Kemudian disusul Tiongkok  delapan kali, Jepang (6), Thailand (5), Denmark (4), Hongkong dan India (3), Korea Selatan (2) dan Singapura (1).

Dalam gelaran Malaysia Masters 2020 ini, Malaysia peraih gelar juara terbanyak, dan Lee Chong Wei muncul sebagai pebulutangkis tersukses di Malaysia Masters. Dalam gelaran perdana BWF World Tour kali ini di nomor tunggal Lee Chong Wei mendapat lima gelar juara, empat diantaranya di dapat di awal gelaran Malaysia Masters. Sementara di nomor ganda putra Malaysia Koo Kien Keat/Tan Boon heong, mendapat empat gelar juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here