Fakta Menarik Finlandia Ukir Sejarah Lolos Ke Piala Eropa 2020

FFSPORTZ.COM – Di kancah Piala Eropa kali ini ada Timnas Finlandia yang tengah mencuri perhatian publik sepakbola dunia. Dikabarkan bahwa Timnas Finlandia telah mengukir sejarah baru di jagad sepakbola dengan lolos ke turnamen besar untuk kali pertama. Mereka akan debut di Turnamen besar sekelas Piala Eropa 2020 setelah berhasil mengalahkan Liechtenstein dengan skor 3-0 melalu Jasse Tuominem dan dua gol Teemu Pukki. Finlandia bergabung dengan Italia masuk di Grup H piala Eropa 2020.

Ukir sejarah dengan lolos ke turnamen besar Piala Eropa

Menurut sang pelatih Markku Kanerva capaian masuk piala Eropa 2020 adalah prestasi yang matang Finlandia. Penantian panjang Finlandia akhirnya terbayar sudah setelah mereka mendapatkan tiket Piala Eropa 2020. Penantian panjang Finlandia akhirnya terbayar dengan mengukir sejarah untuk pertama kalinya bisa lolos masuk turnamen besar. Menurut catatan sejarah sepakbola mereka sudah mengikuti 30 kualifikasi baik Piala Dunia maupun Piala Eropa namun mereka tidak pernah lolos fase grup. Finlandia menjadi Runner-up grup J, menang 6 dan kalah 3 kali dari Sembilan laga.

Dalam laga melawan Liechtenstein ada Peran Krusial dari Teemu Pukki. Pemain dari Norwich City ini telah mencetak dua gol saat meladeni Liechtenstein dan Pukki kini total telah mengantongi 24 gol selama babak kualifikasi piala Eropa. Tidak hanya Teemu Pukki, sang pelatih, Markku Kanerva ternyata adalah otak di balik penampilan gemilang Timnas Finlandia. Setelah didapuk menjadi pelatih pada 2016 lalu menggantikan Hans Backe, ia tunjukkan kehebatannya. Sejak menangani finlandia di UEFA nations league 2018, Finlandia menang 11 kali dari 17 laga. Dia mengkombinasikan pemain muda dan senior sehingga menjadi kolektivitas permainan.

Pertahanan Solid kokoh ala Finlandia dipimpin Tim Sparv

Selama di babak kualifikasi di grup J, Finlandia baru kebobolan delapan gol, terbaik kedua setelah Italia yang hanya kebobolan tiga gol. Finlandia berhasil mencatatkan diri dengan meraih enam kali sheets. Tidak hanya itu, tim kuat Italia hanya bisa memasukan dua gol ke gawang Finlandia. Di lini pertahanan mereka ada Joona Toivio dan Paulus Arajuuri serta dua sayap Jukka Raitala dan Juha Pirinen.

Fakta menariknya lagi, ada gelandang Tim Sparv yang memimpin jalannya permainan tim Finlandia. Pesepakbola senior yang kini berusia 32 tahun itu pernah bermain untuk tim muda Southampton. Pemain Midtylland itu menjaga di daerah lini tengah, tercatat mengemas satu gol dan 73 caps dan siap memimpin Finlandia di piala Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here