Fakta Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Ternyata Tidak Masuk Agenda dari BWF
jupiterlotto

FFSPORTZ.COM – Mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui bahwa kejuaraan bulutangkis Asia 2020 bukan diselenggarakan oleh Badminton World Federation (BWF) secara langsung. Kejuaraan bulutangkis Asia ini semula diagendakan akan diselenggarakan di Wuhan, Tiongkok pada bulan April mendatang. Namun sekali lagi, virus corona yang menyebar luas di Tiongkok telah menyebabkan Tiongkok batal menjadi tuan rumah turnamen itu.

Kejuaraan Bulutangkis Asia Kemungkinan Ganti Tuan Rumah

Rumor adanya pemindahan turnamen Kejuaraan bulutangkis Asia dari Wuhan, Tiongkok memang betul adanya. Hingga saat ini belum diketahui negara yang akan menjadi pengganti Tiongkok sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini. Namun, Negara yang disebut – disebut bakal jadi tuan rumah pengganti Tiongkok adalah Indonesia.

Sementara itu, Sekjen PP PBSI Achmad Budiarto menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada tawaran Indonesia sebagai pengganti dari Tiongkok dalam menyelenggarakan turnamen Kejuaraan bulutangkis Asia. Selain itu, Budiarto juga mengingatkan bahwa persiapan penyelenggaraan kejuaraan Asia 2020 tidak akan mendapat bantuan dari BWF. Karena Kejuaraan ini adalah tanggung jawab dari badminton asia, bukan BWF secara langsung.

Indonesia Tidak Siap Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Asia 2020

Menurut informasi dari IDN Times, sang ketua PP PBSI Indonesia tersebut telah berbincang dengan PIC penyelenggaraan turnamen bergengsi itu. Budi sempat ditawari agar Indonesia menjadi negara penyelenggara Kejuaraan tersebut. Namun, menurut Budi Indonesia tidak siap menjadi tuan rumah. Diinformasikan bahwa tawaran tersebut masih bersifat informal dikarenakan tidak adanya surat resmi tentang adanya tawaran ke PBSI.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah dari acara bergengsi. Tentu masalah infrastrukturnya diantaranya lapangan, lapangan bertanding, lapangan latihan termasuk setting tempat pertandingan. Dan yang paling krusial adalah masalah pendanaan, sebab dana yang diperlukan untuk acara besar dananya juga besar. Di hitung – hitung dana sekelas turnamen kejuaraan Asia seperti ini bisa mencapai Rp. 10 milyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here