Lin Dan Pebulu Tangkis Top Four Kings Terakhir
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMLin Dan – Jagad bulu tangkis dunia dihebohkan dengan kabar yang sangat mengejutkan dari  Raja bulu tangkis asal Tiongkok. Pebulu tangkis fenomenal Lin Dan memutuskan untuk pensiun dari olahraga yang membesarkan namanya. Salah satu dari pebulu tangkis F4 itu resmi gantung raket pada Sabtu, 4 Juli 2020 kemarin melalui media sosial Weibo. Selain Lin Dan, pebulu tangkis yang masuk empat tunggal putra dunia  atau biasa disebut dengan (F4) diantaranya adalah Taufik Hidayat (Indonesia), Lee Chong Wei (Malaysia) dan Peter Gade (Denmark). Dalam tulisannya pada media sosial tersebut, diketahui bahwa Lin Dan sudah menjalani kariernya di bulu tangkis selama 20 tahun.

Fakta dibalik pensiunnya Lin Dan dari jagad bulu tangkis

Menurut penuturan Lin Dan, dirinya sangat sulit untuk mengatakan dengan lantang saat memutuskan untuk mengucapkan selamat tinggal pada tim nasional. Sejak memulai karier pada tahun 2000 hingga 2020, pebulu tangkis yang kerap dijuluki Super Dan itu menorehkan banyak prestasi, namun yang paling tinggi yaitu meraih emas dua kali pada Olimpiade (Beijing 2008 dan London 2012) dan lima kali juara dunia. Dengar – dengar ada fakta mengejutkan mengiringi di balik Lin Dan pensiun. Lin Dan menyadari bahwa dirinya tidak bisa memungkiri bahwa faktor fisik dan cedera membuatnya mengambil keputusan tersebut.

Diketahui bahwa Lin Dan memutuskan untuk pensiun di usia 37 tahun. Dari segi usia dan kondisi fisik serta cedera membuatnya tidak lagi memungkinkannya untuk bersaing. Lin Dan berharap bahwa dirinya dapat menghabiskan waktu lebih banyak  dengan keluarganya dan juga menemukan kompetisi baru. Tak ketinggalan, Sang Presiden Asosiasi Bulu tangkis Tiongkok, Zhang Jun juga mengucapkan terima kasih kepada Lin Dan. Zhang Jun menambahkan kalau selama selama menjalani kariernya sebagai pebulu tangkis, Lin Dan merupakan atlet yang hebat. Zhang berharap bahwa usai pensiun, Lin Dan dapat menjalani kehidupan dengan baik dan juga masih tetap dekat dengan dunia bulu tangkis.

Lin Dan salah satu Top Four Kings (F4) tunggal bulu tangkis dunia

Sesuai yang sedikit disingung diatas, Lin Dan merupakan salah satu dari pebulu tangkis top empat dunia atau Top Four Kings biasanya disingkat F4. Lin Dan, Taufik Hidayat, Lee Chong Wei dan Peter Gade  terlibat persaingan ketat pada awal tahun 2000-an. Keempatnya silih berganti lolos ke partai puncak dan menjadi juara. Mereka berempat bahkan sempat naik podium secara bersama pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2005 di Anaheim, California, Amerika Serikat. Pada ajang tersebut, Taufik meraih emas, Lin Dan perak sementara Lee Chong Wei dan Peter Gede kompak meraih perunggu.

Masa keemasan Top Four Kings mulai menuju titik akhir. Pada 2012, Peter Gede memutuskan gantung raket lebih dulu, kemudian di susul Taufik Hidayat pada 2013 usai kalah di ajang Indonesia Open. Kemudian, pada 2019 lalu pebulu tangkis Negeri Jiran, Lee Chong Wei putuskan pensiun dan F4 terakhir yang menyatakan pensiun adalah Lin Dan. Catatan menarik, Lin Dan mendapat julukan Super Dan karena dia satu – satunya pebulu tangkis yang meraih juara di sembilan turnamen utama yaitu Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Thomas, Piala Sudirman, Super Series Finals, All England, Asian Games, dan Kejuaraan Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here