Kevin Sanjaya dan Arya Maulana Aldiartama
indoagen

FFSPORTZ.COMArya Maulana Aldiartama – Saat di level tim utama atau senior jagad bulu tangkis Indonesia lebih kenal dengan ganda terbaik dunia Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo. Namun tak banyak yang tahu bahwa jauh sebelumnya itu Kevin Sanjaya Sukamuljo juga memiliki pasangan di ganda putra Junior dimana mereka pernah menyabet berbagai gelar juara. Mantan rekan Kevin Sanjaya tersebut adalah Arya Maulana Aldiartama. Namun sayang, pada tahun 2016 lalu, Arya Maulana memilih untuk pensiun dini di jagad bulu tangkis Tanah Air dan hijrah ke Kanada untuk melanjutkan karier sebagai pelatih muda. Di negara Amerika Utara itu, Arya melatih anak – anak hingga dewasa, sebelum akhirnya pindah ke Maryland, Amerika Serikat untuk menjadi pelatih di Akademi Bulu tangkis yaitu Capital Badminton.

Kiprah Arya Maulana dan Kevin Sanjaya di jagad bulu tangkis Tanah Air

Mantan rekan Kevin Sanjaya di sektor ganda putra Arya Maulana mengungkapkan tantangan berat yang dihadapi ketika dirinya menjadi pelatih bulu tangkis di Amerika Serikat. Sekedar informasi saja, selama di Pelatnas bulu tangkis pemilik nama lengkap Arya Maulana Aldiartama itu sempat merasakan berlaga dengan salah satu ganda nomor satu dunia saat ini Kevin Sanjaya Sukamuljo.  Bersama Kevin Sanjaya, Arya memiliki catatan cukup bagus yakni mereka mengukir prestasi dengan meraih medali perunggu di Asia Junior Championship 2013.

Sebelumnya, masih level junior,  Arya dipasangkan dengan Edi Subaktiar di nomor ganda putra. Arya dan Edi juga menorehkan prestasi yang luar biasa yaitu  di ajang turnamen Asian Junior Championships (AJC) 2012. Kemudian, bersama Edi, Arya juga sempat menjadi runner up di turnamen bulu tangkis BWF Internasional Challenge, Banuinvest Internasional di Rumania pada tahun yang sama. Dengan catatan tersebut, Arya dan Edi dipercaya masuk ke Pelatnas pada 2013. Akan tetapi setelah masuk Pelatnas mereka dipisah. Di pelatnas Arya terus bergonta ganti pasangan hingga malah tak membuahkan prestasi yang berarti. Akhirnya, dia putuskan keluar pada tahun 2015 dan umumkan pensiun dini setahun kemudian.

Arya Maulana ungkap tantangan berat pelatih bulu tangkis di Amerika

Setahun melatih di Kanada, Arya kemudian mendapat tawaran melatih di Amerika Serikat yaitu pada tahun 2017 dan langsung memutuskan hijrah ke Negeri Paman Sam itu. Selama menjadi pelatih kurang lebih tiga tahun, pria yang lahir di Solo, 30 September 1995 itu mengungkapkan tantangan yang harus dihadapainya selama melatih di sana. Mantan duet Kevin Sanjaya itu mengatakan kalau kesulitannya adalah motivasi anak – anak Amerika Serikat yang kebanyakan kurang. Dia menjelaskan kalau kebanyakan anak – anaknya jika sudah masuk universitas, mereka berhenti bermain bulu tangkis. Berbeda dengan di Indonesia atau Asia dimana bermain bulu tangkis merupakan tujuan utama.

Selain itu, pelatih muda itu juga menjelaskan bahwa dirinya masih sering berkomunikasi dengan pelatih – pelatih Indonesia lainnya yang ada di Amerika serikat untuk sekadar sharing atau berbagi informasi penting seputar bulu tangkis. Sebagai tambahan informasi saja, pada pertengahan tahun lalu, Arya Maulana Aldiartama secara resmi mempersunting mantan rekannya sesama atlet bulu tangkis, Hanna Ramadhini pada 15 Juni 2019 di Gedung Islamic Center, Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here