Dominic Thiem
SYDNEY, AUSTRALIA - JANUARY 08: Dominic Thiem of Austria smiles during his Group E singles match against Hubert Hurkacz of Poland during day six of the 2020 ATP Cup Group Stage at Ken Rosewall Arena on January 08, 2020 in Sydney, Australia. (Photo by Cameron Spencer/Getty Images)

FFSPORTZ.COMDominic Thiem – Seiring dengan ditangguhkannya kompetisi tenis dunia akibat dari mewabahnya virus corona, banyak atlet tenis yang mengalami keterpurukan secara finansial. Terutama bagi mereka yang dikategorikan petenis dengan peringkat bawah. Empat badan penyelenggara kompetisi tenis Grand Slam serta tiga organisasi ITF, WTA dan ATP telah bekerja sama untuk menggalang dana bantuan yang ditujukan kepada para atlet tenis yang mengalami kesulitan finansial akibat virus corona. Menurut laporan dari BBC, dana bantuan tersebut diperkirakan mencapai US $ 6 juta atau sekitar Rp 92 miliar akan di umumkan pada pekan depan.

Petenis elite dunia turut prakarsai penggalangan dana bantuan atlet

Dana bantuan yang diberikan tidak asal diberikan kepada petenis yang berada di peringkat bawah saja. Akan tetapi pertimbangan pemberian bantuan akan diberikan kepada atlet yang memiliki jumlah pendapatan dan sumber pendapatan lain di luar honor bertanding. Dalam inisiatif bantuan ini, ternyata dibalik itu semua turut serta tiga petenis elite dunia. Mereka adalah Novak Djokovic, Roger Federer dan Rafael Nadal. Menurut kabarnya, petenis yang akan dimintai bantuan adalah bagi mereka yang berada di peringkat 100 besar dunia.

Untuk besaran dana yang dipatok dalam donasi ini semua disama ratakan. Para petenis yang masuk 100 besar dunia diharapkan bisa mengumpulkan minimal US $ 1 juta atau sekitar Rp 15,4 miliar demi petenis lain di luar peringkat 250 besar. Akan tetapi, inisiatif ini tidak lepas dari pertanyaan mengenai asas keadilan. Ditambah lagi, para atlet elite juga tidak punya pemasukan karena seluruh turnamen tenis ditunda. Sementara Djokovic sendiri yang juga seorang presiden badan pemain ATP mengakui dengan adanya persoalan ini. Djokovic mengakui sangat sulit meminta para pemain berdonasi, terlepas dari peringkat mereka.

Dominic Thiem tolak rencana dana bantuan petenis papan bawah

Dalam wawancara dengan salah satu surat kabar Austria Krone, Dominic Thiem mengatakan ketidak setujuannya atas rencana penggalangan dana bantuan bagi petenis di peringkat bawah oleh Djokovic dan kawan – kawan. Petenis yang lahir pada 3 September 1993 itu mengatakan dengan jujur kalau tidak ada petenis yang akan harus berjuang mati – matian demi bertahan hidup, bahkan untuk mereka yang berada di peringkat bawah sekalipun. Petenis berkebangsaan Austria itu mengatakan kalau tidak ada seorang pun dari petenis kalangan bawah yang akan kelaparan.

Bukan tanpa dasar, Thiem mengatakan seperti itu. Berdasarkan pengalamannya tampil di sirkuit – sirkuit Future, banyak petenis yang tidak menggantungkan diri pada olahraga di atas segalanya dan tidak hidup selayaknya sosok petenis profesional. Petenis yang mulai berkarier sejak tahun 2012 itu mengatakan kalau dirinya tidak paham mengapa dirinya harus memberi uang kepada para petenis – petenis itu. Dia lebih memilih memberikan uangnya kepada orang atau organisasi yang benar – benar membutuhkan. Menurut petenis yang telah mengoleksi delapan gelar tunggal ATP Tour itu, tidak ada seorang petenis papan atas yang mendapatkan secara cuma – cuma, semua petenis harus berjuang. Sementara itu, kabarnya Djokovic  akan berencana untuk mengumpulkan dana kurang lebih US $ 3 sampai US $ 4,5 juta dimana uang tersebut akan didapatkan dari  prize money atau bonus final dari petenis kelas atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here