Trofi Thomas Cup

Berita Turnamen Bulutangkis – Gelaran bulu tangkis bergengsi Piala Thomas dan Uber 2020 yang dijadwalkan pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark akan ditentukan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada hari Minggu, 13 September 2020. Langkah ini dilakukan usai lima negara memutuskan untuk mundur dari turnamen Piala Thomas dan Uber 2020 yaitu Taiwan, Australia, Korea Selatan, Thailand dan Indonesia. Yang menjadi pertayaannya adalah akan ada undian baru dengan lebih sedikit negara peserta atau turnamen tersebut dibatalkan.

BWF Direncanakan Akan Bahas Nasib Piala Thomas dan Uber 2020

Federasi Bulu Tangkis (BWF) rencananya akan membahas mengenai nasib Piala Thomas dan Uber 2020 selama pertemuan dewan darurat secara virtual. Hal ini dilakukan menyusul banyaknya negara yang memutuskan untuk mundur. Selain itu, BWF telah menemukan dua negara peserta untuk menjadi pengganti yaitu Finlandia dan Swedia. Meskipun telah menemukan pengganti untuk mengisi kekosongan slot tim Thomas, tapi muncul pertanyaan tentang kualitas turnamen tersebut.

Sebelumnya, BWF juga pernah mengundang Hong Kong dan Singapura, namun kedua negara tersebut menolak. Dari 16 tim hanya tersisa 12 tim, bahkan dengan masuknya Finlandia dan Swedia sebelum waktu pendaftaran pada 18 September. Undangan kepada Finlandia mengundang pertanyaan sebab negara tersebut tidak finis di urutan delapan besar pada Kejuaraan Beregu Eropa putra pada Februari lalu.

Sekretaris BAM Sebut BWF Akan Melakukan Undian Ulang

Sementara itu, Malaysia akan terus mengadopsi pendekatan tunggu dan lihat. Datuk Kenny Goh selaku Sekretaris Persatuan Bulu Tangkis Malaysia (BAM) mengatakan bahwa hampir bisa dipastikan kalau BWF akan melakukan pengundian ulang karena imbas dari penarikan besar-besaran tersebut. Sementara itu tim Malaysia akan berpartisipasi, kecuali kalu pihak BWF membatalkan ajang tersebut atau jika ada lonjakan kasus Covid-19.

Tidak tidak, Skuad tim Piala Uber Malaysia bisa saja lolos langsung ke perempat final tanpa memainkan satu pun laga sebab peserta dari Grup B yakni Korea Selatan, Australia dan Indonesia mundur. Kemudian untuk tim Thomas, Malaysia hanya akan menghadapi Inggris dan Belanda di grup A menyusul juara 13 kali Piala Thomas, Indonesia nyatakan mundur. Indonesia menjadi negara terakhir yang menyatakan mundur dari Thomas dan Uber Cup 2020, mengikuti jejak Taiwan, Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Alasan tentunya karena kekhawatiran akan masih mewabahnya virus Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here