Piala Menpora Esports 2020

Kejuaraan Esports Indonesia – Bertepatan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia, ribuan atlet akan mengikuti Kejuaraan Esports Tingkat Nasional dimana yang bertajuk Piala Menpora Esports 2020. Diikuti kelompok pelajar SMP, SMA, dan Mahasiswa yang membela institusi masing –masing. Para peserta dibagi menjadi  2.480 tim esports mengikuti Kejuaraan Esports tingkat Nasional. Menurut sumbernya, ada sebanyak 14.410 atlet dari seluruh Inonesia telah mendaftar untuk memperebutkan hadiah dengan total 150 juta rupiah.

Piala Menpora Esports 2020 Diharapkan Tembus PON 2024

Melalui daring, secara resmi Menpora melakukan acara seremoni Kick Off Piala Menpora 2020 dengan mempertandingkan game Moba yakni Mobile Legends: Bang Bang tersebut. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan turnamen tersebut diharapkan dapat membawa kemajuan Esports Nasional. Khususnya agar mampu menembus Pekan Olahraga Nasional di tahun 2024 mendatang. Sesuai jadwal, turnamen Piala Menpora Esports 2020 akan berlangsung dari Agustus hingga Oktober nanti.

Sementara itu, dalam jumpa pers virtual di Jakarta, pada Senin 17 Agustus 2020 kemarin Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020, Giring Ganesha mengatakan bahwa hingga hari ini sudah ada 14.410 peserta. Tim terbanyak dartang dari Jawa Barat, kemudian disusul dari Jawa Timur dan DKI Jakarta. Sementara untuk mahasiswa yang paling banyak dari Universitas Gajah Mada (UGM) dengan tujuh tim.  Kemudian, juga diikuti universitas lain diantaranya Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), Universitas Riau (UNRI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Negeri Lhowseumawe, Universitas Halu Oleo, Universitas Udayana, Universitas Sriwijaya, hingga Universitas Nusa Nipa Maumere dari NTT.

Piala Menpora Esports 2020 Sebagai Wadah Mencetak Atlet Profesional

Giring juga mengatakan bahwa animo peserta dalam turnamen tersebut memang cukup tinggi.  Hal ini terbukti sejak pendaftaran dibuka pada 1 Agustus. Hanya butuh waktu kurang dari sepekan agar target kuota sebanyak 2.048 tim sudah bisa terpenuhi. Tak lupa, bapak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), yang turut hadir dalam acara tersebut mengapresiasi upaya panitia dalam menggelar kegiatan tersebut di kala seluruh kejuaraan olahraga mesti terhenti akibat pandemi Covid-19.

Zainudin Amali berharap bahwa Piala Menpora Esports 2020 tidak hanya bisa menjadi ajang kompetisi bagi para atlet muda, namun juga sebagi wadah untuk persiapan atlet profesional maupun atlet pelapis yang bisa mewakili Indonesia di kancah esports Internasional. Meskipun demikian, beliau mengimbau kepada seluruh peserta agar tidak hanya berlatih dalam hal mengasah keterampilan dan konsentrasi, namun juga harus menjaga kebugaran fisiknya dengan tekun berlatih berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here