Esports Khusus Lansia Jepang

FFSPORTZ.COMEsports Jepang – Ada kabar yang sangat menghebohkan datang dari jagad Esports dunia. Seperti yang diketahui bersama bahwa Olahraga elektronik atau kerap dikenal dengan Esports atau Elektronics Sports ini merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video pemain baik tunggal atau tim dan pada umumnya dimainkan oleh pemain profesional. Khususnya di Jepang, ternyata game dilihat sebagai sebuah hiburan dan alat komunikasi bagi kalangan lansia. Hal ini dikarenakan kebanyakan kaum lansia di negara Matahari Terbit itu banyak dari mereka yang menghabiskan masa tuanya sendiri bahkan menjelang wafat. Sejumlah pihak di Jepang ternyata merespon hal ini sebagai sesuatu yang menarik bahkan hal ini dianggap cukup serius.

Fasilitas Esports khusus lansia bakal dibuka di Jepang

Kabar terbaru dari Jepang, tepatnya di kota Koba yang terletak di prefektur Hyogo ternyata ada pusat Esports yang bakal dibuka khusus untuk para lansia di kota tersebut. Sekilas memang fasilitas Esports tersebut tidak berbeda jauh dengan gaming center atau warnet.  Menurut salah satu media lokal Jepang, Kotaku menyebutkan ada sebuah organisasi bernama ISR Esports akan membuka pusat Esports bagi lansia yang berusia mulai dari 60 tahun. Fasilitas ini bahkan terbuka bagi lansia yang belum pernah bermain game sekalipun.

Dengar – dengar pihak ISR Esports telah memiliki cara tersendiri dalam mewujudkan gagasannya tersebut. Lalu seperti apa cara yang mereka lakukan dalam menyediakan fasilitas Esports bagi Lansia? ISR Esports akan menyediakan staf yang bertugas untuk memandu lansia bermain game. Namun, bagi kaum lansia yang belum memiliki pengalaman bermain game juga tetap akan dibina. Bagi lansia yang belum memiliki pengalaman akan diberikan perkenalan yaitu dengan dasar dari cara bermain jenis game yang akan dimainkan. Apabila para lansia tersebut telah lulus tahap pengenalan atau dasar, selanjutnya pihak ISR Esports kemudian akan memberikan kesempatan para lansia tersebut untuk mencoba game esports ternama.

Lansia diharapkan mendapat manfaat positif dari bermain game

Seperti layaknya para gamers profesional, nantinya secara tidak langsung para lansia bisa berkomunikasi dan membentuk komunitasnya sendiri. Dengan bermain game diharapkan akan bisa kembali aktif dan memiliki kehidupan sosial yang lebih baik. Menurut laporan dari Siliconera, ISR Esports berharap mereka bisa ikut menghabiskan waktu dengan cara yang lebih berkualitas dan punya efek positif  salah satunya dengan bermain game.  Organisasi ISR Esports tersebut membuka kesempatan apabila lansia atau senior citizen berminat untuk berkontribusi ke industri Esports juga, bahkan untuk kaum difabel atau kaum yang memiliki kekurangan khusus.

Fasilitas Esports di kota Koba yang akan dipergunakan untuk para lansia tersebut akan dibuka mulai 2 Juli 2020 dan diklaim tetap mematuhi kebijakan pencegahan virus Covid-19. Staf yang bertugas akan menyediakan waktu bermain dua jam dengan jeda istirahat 30 menit. Fasilitas tersebut sendiri tidak gratis, peserta akan dipungut biaya sekitar JN¥1.000 yen atau sekitar Rp 132 ribu per sesi. Sebagai informasi saja, dalam jagad Esports khususnya di game CS:GO ada tim yang bernama Silver Snipers dimana diisi oleh personil yang berusia 65 tahun ke lebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here