Kareem Abdul-Jabbar

FFSPORTZ.COMKareem Abdul-Jabbar – Jika anda fans berat NBA tentu masih ingat dengan sosok Kareem Abdul jabbar? Kareem atau dulu dikenal dengan nama Lewis Alcindor bercerita tentang semasa dirinya di NBA. Nama kareem Abdul-Jabbar mulai ramai diperbincangkan lagi ketika Lebron James mampu pecahkan perolehan atau melewati poin dari Michael Jordan.  Legenda basket Kareem Abdul-Jabbar tercatat sebagai pencetak poin tertinggi NBA sepanjang sejarah yaitu dia berhasil menorehkan poin 38.387 poin. Selain pencapaian poin tertinggi NBA, masih ada banyak hal menarik mengenai sang legenda tersebut. Apa saja? Mari kita simak.

Setelah masuk Islam Lewis Alcindor merubah nama menjadi Kareem Abdul-Jabbar

Lewis Alcindor mengucapkan dua kalimat Syahadat pada 1968. Saat itu diketahui bahwa pebasket dari LA Lakers itu masih berusia 21 tahun. Di usia yang masih sangat muda itu, Kareem sudah sangat terkenal sebab dirinya adalah pebasket yang luar biasa di UCLA. Pada waktu itu, Kareem masih menjadi salah satu mahasiswa di salah satu Universitas paling kondang di Los Angeles. Setelah memeluk Islam, setahun kemudian, Kareem bergabung dengan klub NBA Milwaukee Bucks. Kareem tidak silau dan bahkan dia tidak terlena dengan ketenarannya sebagai salah satu bintang muda NBA pada waktu itu.  Dia  ingin menemukan ketenangan di tengah ancaman akan ketidakadilan dan ketegangan politik rasial di Negeri Paman Sam tersebut.

Usai memeluk agama Islam, nama Lewis Alcindor di ubah menjadi Kareem Abdul-Jabbar. Perubahan nama ini menurut legenda basket 73 tahun itu bukan sekadar sensansi belaka. Dia tidak mau disamakan seperti ubahan nama pada artis dan musisi atau mungkin yang lain demi kebutuhan panggung semata. Di percaya kalau di balik perubahan nama tersebut ada perubahan yang berarti dalam hati, pikiran dan jiwanya. Namun yang paling penting adalah dengan adanya perubahan nama itu merupakan cerminan dari Kareem untuk hijrah dengan sungguh – sungguh. Dia menyebutkan kalau nama Kareem Abdul-Jabbar merupakan perwujudan dari sejarah Afrika, budaya dan kenyakinan.

Gelar dan prestasi Kareem Abdul-Jabbar di NBA

Pemilik nama asli Ferdinand Lewis Alcindor, Jr. adalah sosok mantan pebasket profesional NBA asli berkembangsaan Amerika Serikat. Lewis Alcindor lahir di Kota New York, New York pada 16 April 1947. Dia memutuskan untuk mundur dari jagad basket NBA ketika dirinya berusia 42 tahun yaitu pada tahun 1989 silam. Dengan perolehan poin sebanyak itu, tercatat bahwa hingga saat ini belum ada yang mampu menggeser posisi tersebut. Selain itu, Pemilik nomor 33 itu sejak awal karier sudah mendominasi semua level kompetisi basket. Dia dikenal sebagai pembawa sentuhan lemparan yang mengagumkan, Skyhook yang sulit dihentikan lawan. Skyhook ini muncul atas respon larangan dunk shot oleh NCAA.

Kareem juga merupakan rebounder yang tangguh dan seorang pengumpan yang akurat serta memiliki pergerekan melebar yang bagus. Selain memiliki torehan poin tertinggi sepanjang sejarah, Kareem juga pernah memenangkan MPV Awards, dan juga bermain di All Stars. Berikut daftar prestasi dan gelarnya: NBA Rookie of The Year, 19 kali NBA All Stars Game, 6 kali MVP, 2 kali NBA Finals MVP, 10 kali All NBA First team, 5 kali All Second team, 5 kali NBA All Defensive First Team, 6 kali NBA All Defensive Second Team, 2 kali Scoring Champion dan anggota Tim NBA ke-35 dan ke- 50 Sepanjang masa. Dia juga membukukan delapan play off dan tujuh All Star rekor. Pada tahun 1995 Abdul-Jabbar terpilih masuk dalam The Naismith Memorial Basketball Hall of fame. Diketahui juga bahwa Kareem juga merupakan seorang aktor dan juga seorang penulis buku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here