Deretan Pebasket Asing Dengan Torehan Nilai Tertinggi Pada Posisinya Di IBL 2020

FFSPORTZ.COM – Pemain basket asing yang berlaga di Indonesian Basketball League (IBL) cukup banyak. Kehadiran mereka di cabang bola basket cukup memberikan warna tersendiri bagi klub maupun bagi sesama pemain. Ditengah atmosfer kompetisi bola basket yang sangat ketat, para pemain dituntut agar menampilkan permainan yang apik, khusus pemain asing. Untuk IBL ternyata performa dan posisi pemain asing memiliki pengaruh yang sangat besar pada tim.

Posisi atlit asing bola basket berpengaruh pada performa tim

Ada ungkapan yang sering digunakan untuk candaan atau untuk sekedar mengundang tawa yaitu “Posisi Menentukan Prestasi”. Ungkapan tersebut ada benarnya jika di gunakan pada cabang olahraga semisal sepakbola, voli, basket atau cabang lain. Kali ini akan di bahas mengenai ulasan pemain asing beserta posisinya di Liga Basket Indonesia. Pada ulasan kali ini ada tiga posisi yang sering ditempati oleh pemain asing yaitu Center, Forward dan Guard.

  1. Center

Posisi center merupakan posisi yang pas jika diisi oleh pemain asing, sebab posisi ini membutuhkan postur tubuh yang tinggi. Dalam liga basket Indonesia 2020 kali ini, ada dua pemain asing yang berposisi sebagai center dimana mereka memiliki catatan bermain cukup baik dimusim ini. Pertama yaitu Michael Glover dari NSH Jakarta. Glover memiliki catatan baik dengan mencetak 2,0 PPG dan 10,0 RPG. Sementara pebasket kedua yaitu Lester Prosper dengan mencetak 24,2 PPG dan 16,2 RPG. Namun untuk three point percentase dan block, prosper menorehkan angka yang baik. Prosper mampu cetak 34,8 % untuk three point dan 1,2 BPG untuk Block.

  1. Forward

Pemain asing di IBL 2020 terkena aturan batas tinggi badan dua meter, sehingga banyak tim IBL yang mengisi pemain yang berposisi sebagai forward.  Pebasket asing pertama yaitu Dior Lowhorn dari tim Pelita Jaya Bakrie dengan Efektifitas mencetak 37,5 dan memiliki poin rata – rata sebanyak 29,0 PPG. Pelita Jaya sangat beruntung sebab di kawal pebasket top dengan rata – rata 15,0 RPG. Kemudian ada David Samuels dari Prawira bandung dengan efektif 26,8 dimana dia mencetak 29,2 PPG. Samuels mampu mengumpulkan 13,0 RPG hingga seri keempat. Akan tetapi dia diganti oleh Dalarian Larry Williams. Diposisi ketiga ada Hal Shane Heyward dari tim Satya Wacana Salatiga. Shane mencetak 17,8 PPG dan 11,8 RPG. Dia mampu berperan sebagai defense juga, akan tetapi dia di gantikan oleh Daniel Edward Hurtt karena cedera.

  1. Guard

Posisi Guard sangat berpengaruh juga pada tim. Pebasket NSH Jakarta, DaShaun Wiggins memiliki efektifitas paling tinggi dengan 26,3. Kemudian dari sisi poin, pebasket Amerika tersebut mampu mencetak 27,0 PPG.  Di posisi kedua, ada pebasket Luis Jacobo dari tim Pacific Caesar Surabaya. Jacobo mencetak 29,3 PPG, kemudian akurasi three poinnya mencapai 48,2%. Efektifitas Jacobo di posisi Guard pada angka 23,3 dimana Jacobo memiliki tinggi badan yang lebih dari biasa yaitu 196 cm. di posisi ketiga ada pebasket asing Gary Jacobs dari tim Satria Muda Pertamina. Gary mencetak 38,0 PPG dimana angka tertinggi dari ketiga pebasket yang berposisi sebagai guard  tersebut. Akan tetapi dia kurang begitu bagus pada three poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here