Cerita Menarik Rusia Kembali Jadi Raja di ajang Volleyball Nations League 2019

FFSPORTZ.COMVolleyball Nations League – Per 1 Februari 2020 kemarin, sudah dirilis peringkat dunia dari organisasi voli dunia (FIVB). Sistem peringkat ini merupakan sistem peringkat untuk tim nasional bola voli putra dan putri. Peringkat ini berdasarkan hasil kompetisi yang diikuti. Untuk tim voli putra dunia, posisi peringkat pertama ditempati oleh Brasil dan posisi runner up yaitu Polandia. Sedangkan untuk putri, peringkat pertama yaitu Tiongkok dan posisi runner up yaitu Amerika Serikat. Peringkat ini digunakan untuk menentukan posisi unggulan di kompetisi internasional. Namun pada kesempatan ini akan lebih banyak kami bagikan informasikan tentang timnas voli putra Rusia sebagai pemenang gelaran Volleyball Nations League 2019 lalu. Mereka kembali mengukuhkan diri sebagai Raja Volleyball Nations League (VNL). Untuk peringkat, tim Rusia berada di posisi ke-4 dunia.

Cerita menarik Tim putra Rusia menjadi raja Volleyball Nations League

Seperti yang sudah diberitakan bahwa Rusia kembali menjadi juara dalam gelaran Volleyball Nations League 2019. Dan ini adalah kedua kalinya mereka meraih juara dalam ajang tersebut setelah 2018 lalu mereka juga menang. Berstatus sebagai juara bertahan memang tak membuat perjalanan Rusia di VNL mulus. Mereka harus menembus peringkat 6 besar agar bisa bermain di putaran final. Tim Rusia mencatatkan 12 kemenangan dan 3 kekalahan dari 15 pertandingan selama putaran penyisihan yang berlangsung pada 31 Mei hingga 30 Juni 2019 lalu. Hal itu membuat tim Beruang Merah bertengger di posisi peringkat 3 klasemen dan menjadi satu dari 6 yang berhak berlaga di putaran final.

Selain Rusia, ada timnas voli dari negara lain yang telah memastikan lolos yaitu Brasil, Iran, Perancis, Polandia dan tuan rumah, Amerika Serikat. Keenam tim tersebut selanjutnya dibagi menjadi 2 Pool berbeda. Untuk Pool A diisi oleh Amerika Serikat, Rusia dan Perancis dan untuk Pool B diisi Brasil, Iran dan Polandia. Setelah menang dari Perancis dan kalah dari Amerika Serikat menempatkan Rusia berada di posisi Runner up lolos ke semifinal bersama Amerika. Sementara Brasil dan Polandia lolos ke semifinal dari pool B. Melawan Polandia yang memiliki grafik cukup baik nampaknya membuat Rusia harus bekerja keras. Penampilan Rusia mampu menahan dan menghentikan catatan kemenangan Polandia selama putaran VNL 2019.

Rusia siap melawan sang tuan rumah Amerika Serikat

Pada babak Grand final, Rusia siap melawan tuan rumah Amerika Serikat. Tim Amerika Serikat diketahui untuk kali pertama melau ke partai puncak setelah melewati pertandingan dramatis melawan tim kuat Brasil dengan skor tipis 3-2. Pada Minggu 14 Juli 2019 pukul 6 sore waktu setempat sebanyak 4300 penikmat voli memadati Credit Union 1 Arena, Chicago. Mereka melihat serunya pertandingan antara kedua tim dimana akan memperebutkan trofi Volleyball Nations League 2019.

Baik Rusia dan Amerika Serikat sama menampilkan permainan luar biasa. Rusia membuka perolehan poin dan unggul diset pertama. Pelatih Amerika Serikat, John Speraw sempat melakukan perubahan startegi dengan melakukan perubahan susunan pemain. Akan tetapi strategi tersebut tak banyak membantu.  Strategi tersebut tak banyak membantu memperbaiki pola serangan. Meski sempat menempel ketat perolehan angka, tim Amerika Serikat kembali tak mampu menghentikan permainan apik tim Rusia. Akhirnya Rusia mengandaskan ambisi tuan rumah Amerika Serikat dengan skor 3-1. Meski Amerika Serikat gagal raih juara, akan tetapi pemain mereka mendapat gelar pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) Volleyball Nations League 2019 yaitu Matt Anderson.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here