Rexy Mainaky Piala Thomas 1992
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMRexy Mainaky – Bagi penggemar bulu tangkis pastinya sudah akrab betul dengan kluarga Mainaky. Jika anda yang masih belum lama mengikuti olahraga bulu tangkis pasti muncul pertanyaan mengapa keluarga Mainaky memiliki peranan besar terhadap bulu tangkis Indonesia dan dunia? Untuk menjawab hal itu, Richard menyebut sebagai talenta alami dan ajaran orangtua. Menurut Ricard sang pelatih ganda campuran, mereka sudah diajarkan bertanggung jawab dengan tugas masing – masing dari orang tua sewaktu masih di Ternate. Selain Ricard masih ada keluarga Mainaky yang berkecimpung di perbulu tangkisan dunia. Diantaranya Riony sebagai pelatih, Karel Mainaky sebagai pelatih ganda putri Jepang dan Maleve Mainaky. Satu lagi yaitu Rexy Mainaky sebagai pelatih kepala Thailand yang akan menjadi topik kali ini.

Cerita Rexy Mainaky lawan Pebulu tangkis Malaysia di ajang Piala Thomas 1992

Rexy Mainaky selaku legenda bulu tangkis Indonesia pernah alami kejadian dramatis ketika gagal harumkan nama bangsa usai dikalahkan Malaysia di Piala Thomas 1992. Waktu itu gelaran Piala Thomas digelar di Kuala Lumpur dengan memiliki keunggulan kuat dibanding tiap wakil dari negara lain. Di sini Rexy memiliki rasa tekanan yang amat besar dari publik Negeri Jiran. Mantan wakil sektor ganda putra Indonesia ini bersaksi pada masa itu malaysia sedang gencar – gencarnya untuk menguasai cabang olahraga bulu tangkis sehingga stadium negara itu tidak kosong oleh penonton.

Menurut pengakuan dari pelatih Timnas bulu tangkis Thailand hingga Olimpiade Tokyo itu mengetahui kalau malaysia waktu itu adalah tim yang kuat. Tak hanya Indonesia, Tiongkok pada waktu itu juga tak memiliki peluang menang lawan Malaysia. Pasalnya publik malaysia sangat fanatik untuk menang di olahraga bulu tangkis sehingga pada kompetisi kandang mereka tak sepi penonton untuk memberi dukungan. Ada nama – nama pebulu tangkis Malaysia seperti rashid Sidek, Foo Kok keong dan Kwan Yoke Meng menjadi momok menakutkan legenda – legenda Indonesia sepertti Ardy Wiranata dan Alan Budikusuma di nomor tunggal putra. Rexy bercerita kalau dirinya bersama rekan duetnya Ricky Subagja alami kalah telak dengan wakil tuan rumah.

Rexy mampu balas kekalahan dari wakil Malaysia di Jakarta

Perlu diketahui bahwa pada gelaran piala Thomas 1992 silam merupakan ajang turnamen bulu tangkis bergengsi perdana Rexy Mainaky. Meskipun pria yang lahir di Ternate pada 9 Maret 1968 itu gagal meraih piala thomas, namun dia mampu membalas dua tahun kemudian. Pemilik nama lengkap Rexy Ronald  itu bersama Partnernya Ricky Subagja kalahkan Malaysia dan mampu mengangkat trofi juara layaknya Rudy Hartono dan Liem Swie King.  Bersama Ricky pulalah, Rexy merebut medali emas di olimpiade Atlanta 1996.

Pria 52 tahun itu akhirnya putuskan untuk gantung raket atau pensiun pada tahun 2000 silam. Setelah itu kesibukan Rexy adalah menjadi pelatih  bulu tangkis Malaysia dan membawahi mantan ganda terbaik dunia Koo Kien keat dan Tan Boon Heong. Setelah kontraknya habis dengan Timnas Thailand, dirinya sempat diisukan bakal gabung dengan Malaysia demi memperbaiki para ganda putra negera yang memiliki gedung petronas tersebut. Sebab ada berita kalau beberapa tahun kebelakang jagad bulu tangkis Malaysia alami kemunduran yang cukup signifikan. Mereka coba untuk bangkit kembali agar kian tangguh dalam kompetisi internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here