Martyna Grajber

FFSPORTZ.COMMartyna Grajber – Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa sudah ada 7 tim voli putri yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Tokyo. Ketujuh tim tersebut yaitu Jepang sebagai tuan rumah, lalu Brasil, Tiongkok, Rusia, Amerika Serikat, Serbia dan Italia. Untuk Timnas Polandia sayang sekali tidak mampu lolos. Dalam kancah voli Eropa, Polandia memang juga diperhitungkan. Salah satu skuad Timnas voli putri Polandia  yang cukup menyita perhatian adalah Martyna Grajber. Mari kenal lebih dekat dengan sosok pevoli cantik asal Polandia tersebut.

Martyna Grajbe sempat bermain di klub Budowlani Lodz

Pada awal karier voli, Martyna Grajbe sempat bermain untuk klub Budowlani Łódź di Liga Orlen Polandia. Budowlani Łódź adalah klub bola voli wanita dari organisasi olahraga Polandia Budowlani Lodz yang berbasis di kota Łódź dan bermain di Liga Siatkówki Kobiet. Sebelum bergabung dengan Timnas Polandia untuk klasihikasi Olimpiade Tokyo, Pevoli yang lahir pada Pila, 28 Maret 1995 itu juga bagian dari pasukan Polandia yang berkompetisi di FIVB Volleyball World Grand Prix 2016 lalu. Sementara itu, untuk Liga Voli Wanita Polandia, yang dikenal karena alasan sponsor sebagai Orlen Liga dimana sebelumnya dikenal sebagai Orlen Liga dan plusliga Kobiet. Orlen Liga adalah level tertinggi dari permainan voli wanita yang dimainkan di Polandia.

Martyna Grajber tercatat bermain di posisi receiver. Ia adalah salah satu dari perwakilan dari taruna dan junior Polandia. Pada musim 2018/2019 lalu dirinya adalah bagian dari skuad klub Chemik Police. Bersama – sama dengan perwakilan kadet – kadet Polandia, Martyna telah menempati peringkat kelima di Kejuaraan Eropa dan keempat di kejuaraan dunia pada 2011 silam. Sementara dengan staf junior berlaga di Kejuaraan Eropa, ia meraih peringkat ke-6 pada 2019 lalu. Layaknya atlet voli pada umumnya, Martyna juga menemukan belahan jiwa yang juga seorang atlet voli. Pevoli berpostur 180 cm itu bertunangan dengan Jan Nowakowski. Nowakowski adalah atlet Timnas voli putra Polandia yang berposisi sebagai center. Untuk kapan pernikahan akan berlangsung masih belum diketahui.

Cerita menarik perjalanan klub yang dibela Martyna

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, Martyna Grajbe sempat bergabung dengan klub Budowlani Łódź. Ada cerita menarik tentang klub voli Martyna Grajbe ini. Budowlani Łódź pertama kali didirikan pada tahun 1970-an dengan tim mencapai divisi II yang terbaik. Lalu pada 1980-an, klub itu dibubarkan departemen atau organisasi bola voli sebab memutuskan untuk fokus pada olahraga lain.  Kemudian,  dalam dua dekade selanjutnya yaitu pada 2005, klub membuat proyek untuk meluncurkan kembali organisasi voli dengan tujuan mencapai liga tertinggi Polandia dalam 3 tahun.

Klub ini sengaja dibentuk untuk menghadapi musim 2006 -2007 dan mulai bermain di divisi ketiga. Satu musim kemudian mereka berkompetisi di divisi kedua, dan mencapai divisi pertama pada tahun 2009. Klub tersebut memenangkan gelar pertamanya dengan menyabet Piala Polandia di musim 2009-2010. Sejak 2010, Klub tersebut juga berpartisipasi dalam kompetisi Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here