Giring Nidji

FFSPORTZ.COM – Mantan Vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha tercatat sebagai Presiden Indonesia Esports Premier League (ISPL). Selain itu dia juga didapuk Presiden Jokowi untuk memimpin gelaran piala Presiden Esports 2020 kali ini. Dia banyak cerita menarik saat dirinya ditunjuk presiden Joko Widodo sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports. Giring menuturkan bahwa Presiden jokowi begitu jatuh hati dengan dunia e-Sports, saking senangnya Presiden Jokowi meminta untuk dibuatkan turnamen Esports skala nasional.

Gelaran Pertama Piala Presiden Esports Sukses Di Garap Nidji

Keinginan presiden Jokowi untuk diadakanya turnamen Piala presiden Esport direspon Bekraf yang pada waktu kebetulan dipimpin Triawan Munaf. Lalu Triawan meminta IESPL untuk menggelar turnamen e-Sports tingkat nasional. Walhasil pada mei 2019 lalu turnamen piala presiden Esports berhasil digelar. Meskipun hanya mempertandingkan satu game yaitu mobile legends, akan tetapi ada sekitar 18 ribu gamer yang berpartisipasi dalam babak kualifikasi dan menyisakan 16 tim di grand final.

Nidji memberikan laporan kepada Bekraf, Kepala Staf Presiden (KSP), Kominfo dan Kemenpora bahwa acaranya sukses digelar. Mencengangkan lagi bahwa bapak Muldoko malah meminta agar IESPL menggelar acara serupa kembali. Beliau menginginkan turnamen tersebut diadakan sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Hal ini bertujuan untuk alat pemersatu bangsa setelah pemilu 2019 lalu. Namun mustahil mengadakan acara besar dalam waktu berdekatan, oleh karena itu piala presiden Esports ke dua baru bisa diselengarakan pada awal tahun 2020 ini.

Giring Pimpin Piala Presiden Esports Jilid Dua Melebar Ke Asia Tenggara

Eks vokalis Nidji itu kembali terpilih untuk didapuk menjadi ketua panitia penyelenggara piala Presiden Esports 2020. Cakupan turnamen ini lebih luas dibandingkan dengan piala presiden esports pertama yaitu melibatkan negara – negara Asia Tenggara. Negara asia tenggara yang diundang yaitu Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Maka bisa dipastikan pesertanya bertambah dan turnamen akan berjalan dengan seru.

Tidak hanya pesertanya yang bertambah, game yang dipertandingkan juga bertambah. Jika pada turnamen pertama hanya Mobile Legend, untuk turnamen jilid dua ini ada game ser lainnya yaitu Selain Free Fire, PES 2020, Fruit Dart, dan game lokal. Tercatat ada sekitar 18 ribu peserta yang mengikuti babak kualifikasi piala presiden esports 2020. Giring berharap bahwa pemerintah akan terus berinvestasi dalam penegembangan esports dan industry game tanah air sebab ada potensi yang sangat besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here