Timnas Voli Putri Olimpiade Tokyo

FFSPORTZ.COMVoli Putri Jepang – Jepang akan menjadi tuan rumah gelaran olahraga terbesar di dunia Olimpiade. Sebelum dibukanya gelaran Olimpiade Tokyo 2020, pada bulan Februari lalu, Timnas voli putri Jepang secara resmi mengumumkan skuad mereka. Sebanyak 22 pemain resmi masuk ke dalam skuad tim nasional voli putri Jepang yang berjuluk Hinotori Nippon atau Phoenix Jepang. Diketahui bahwa dari 22 pemain itu terdiri dari lima pemain senior yang turun di ajang Olimpiade Rio 2016, 10 pemain yang membantu Jepang di FIVB Volleyball Women’s World Championship dan tujuh pemain pemula.

Jepang umumkan Timnas voli putri untuk Olimpiade Tokyo

Pada tahun 2020 kali ini, timnas voli putri Jepang akan dipimpin oleh Blocker tengah Erika Araki. Araki yang tercatat sebagai pemain dari klub Toyota Auto Body Queenseis akan menjadi kapten pertama Timnas Jepang. Menariknya status Araki adalah seorang Ibu. Perlu untuk diketahui bahwa pada Oktober 2013 lalu, Araki mengumumkan bahwa dia mengandung anak pertamannya dan memutuskan untuk istirahat sementara dari klubnya saat itu. kemudian Araki melahirkan seorang putri pada Januari 2014.

Menariknya, pada musim gugur 2014, Araki kembali bermain voli dengan klub Saitama Ageo Medics dan kembali masuk ke daftar Hinotori Nippon pada 2015. Tak terlalu menunggu lama, Araki kemudian bergabung dengan klub Toyota Auto Body Queenseis sebelum musim 2016/2017. Perlu dicatat bahwa Araki merupakan kapten tim nasional wanita selama masa kejayaan Jepang di tahun 2010-2012. Pada waktu itu Jepang telah memenangkan medali perunggu di Kejuaraan Dunia Voli Wanita FIVB 2010 dan Olimpiade London 2012.

Timnas voli putri Jepang miliki pemain berpengalaman di Olimpiade

Selain Araki, sejumlah pemain Hinotori Nippon lainnya juga memiliki pengalaman bermain di Olimpiade. Semisal pada Olimpiade Rio 2016, Pemain Hinotori Nippon lainnya dengan pengalaman bermain di Olimpiade adalah spike outter Yuki Ishii dan Yurie Nabeya. Kemudian ada pevoli yang berposisi sebagai Setter yaitu Haruka Miyashita dan Kanami Tashiro.  Kemudian ditambah lagi dengan pemain yang berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Voli Wanita FIVB 2018 yaitu Blocker tengah Nana Iwasaka dan Mai Okumura yang berada di daftar tersebut.

Nana Iwasaka merupakan seorang kapten dari tahun 2017 hingga 2019 untuk klub Nakata. Sementara untuk pemain yang menempati posisi spike outter yaitu Sarina Koga, Risa Shinnabe dan Ai Kurogo adalah atlet voli yang ikut dalam Kejuaraan Dunia 2018.  Pevoli yang berposisi sebagai Libero yaitu Mako Kobata dan Kotoe Inoue juga memainkan peran mereka dengan baik dalam pertahanan untuk Jepang. Araki, Yuki Ishii dan Kanami Tashiro adalah pemain Timnas jepang yang berlaga di Olimpiade 2016 dan Kejuaraan Dunia Voli Wanita FIVB 2018. Tak ketinggalan dengan libero Rena Mizusugi, Middle Blocker Nichika Yamada dan pemukul luar Haruna Soga. Mereka semua memainkan peran penting dalam tim mereka saat memenangkan gelar di Meksiko tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here