Badminton

ffsportz.com – Kompetisi bulutangkis bergengsi tingkat dunia BWF 2019 resmi berakhir  15 Desember 2019. Dalam perhelatan akbar yang digelar di di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China ini mencatat 5 prestasi terbaik pada tahun 2019 versi BWF. Pebulutangkis kawakan tanah Air masuk dalam catatan tersebut. Apakah itu dan siapakah mereka? Berikut ini selengkapnya:

1. Gelar juara ke-11 dari Kento Momota

Dominasi petenis asal Jepang Kento Momota semakin ketara di tahun ini. BWF membukukan Momota mencapai final sebanyak 12 kali sepanjang tahun 2019. Mematahkan peBubulu tangkis Malaysia Lee Chong wei yang hanya mengantongi 8 kali juara.  Gelar juara yang ke-11 Momota didapat dengan mengalahkan petenis tanah air Anthony Sinisuka Ginting.

2. Status “Miss Runner-up” PV sindhu lengser.

Meski tidak banyak gelar juara yang diraih oleh PV Sindhu, tapi di tahun ini pebulutangkis yang mendapat julukan Miss Runner-Up menorehkan catatan manis.setelah Olimpiade rio 2016 dan Asian games 2018, Sindhu melepas status negatifnya. Ia mengalahkan Nozomi Okuhara pebulutangkis asal Jepang, yang pernah mengalahkannya di  Final Kejuaraan Dunia 2017 kemarin.

3. Huang/Zheng gondola semua World Tour Finals, Gelar BWF Super 1000, dan Kejuaraan Dunia

Pasangan ganda yang mendapat gelar “Auto Juara” ini kerap di berikan oleh public tanah air. Julukan ini mampu mereka pertahankan di tahun ini. Prestasi ini menjadikan mereka sebagai juara satu – satunya dunia saat ini. BWF menyematkan gelar pada pasangan ganda ini sebagai “Super Grand Slam”

4. Sang Juara The Daddies menjelma menjadi Super Daddies

Semakin tua semakin matang, itulah gelar yang pas bagi pasangan ganda putra tanah air Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Di tengah gempuran pebulutangkis junior duet Minion, dan Ahsan/Hendra, namun  dominasi mereka masih tetap utuh. Mereka memperoleh gelar yang ke-3 di BWF World Tour Finals 2019 dengan menumbangkan pasangan Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Selain itu gelar sebelumnya yang mengukuhkan mereka sebagai Super daddies yaitu  All England Open, Kejuaraan Dunia, New Zealand Open, dan 7 kali Runner up. Kabarnya mereka juga akan mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 nanti.

5. Geliat juara pebulutangkis junior Thailand Kunlavut Vitidsarn

Level junior nampaknya memiliki kejutan yaitu Kunlavut Vitidsarn pebulutangkis asal Thailand. Masih 18 tahun  mampu mencetak Hat-trick di Kazan. Dia mengantongi juara dunia Junior tiga kali beruntun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here