Naomi Osaka
indoagen

Atlet Tenis – Sebagai penggemar olahraga, khususnya tenis tentu tahu siapa atlet putra terkaya versi majalah Forbes tahun ini? Benar, pada akhir Mei kemarin diumumkan bahwa atlet putra terkaya tahun ini jatuh kepada Roger Federer. Petenis berusia 38 tahun tersebut menerima 86,2 juta pounds sepanjang 2020. Dari jumlah tersebut, sekitar 81 juta pounds di antaranya didapatkan melalui endorsement. Jumlah tersebut membuat Federer melewati Cristiano Ronaldo (85 juta pounds), Lionel Messi (84 juta pounds).  Sementara itu untuk di arena olahraga putri, tenis menjadi cabang olahraga yang paling banyak mendulang pundi – pundi uang.  Hal ini dibuktikan dengan laporan bahwa dalam jajaran sepuluh besar atlet putri dengan bayaran tertinggi pada tahun 2019 versi Majalah Forbes, sembilan diantaranya adalah atlet tenis.

Naomi Osaka Pimpin Petenis Terkaya di Dunia Versi Forbes

Petenis asal Jepang yang memiliki darah Haiti, Naomi Osaka tercatat sebagai petenis terkaya saat ini versi majalah Forbes. Ia berada di posisi puncak dengan total pendapatan sebesar US $ 37,4 juta atau setara dengan Rp 548,4 miliar.  Seperti atlet lainnya, jumlah sponsor dan endorsement menyumbang jumlah yang paling besar yakni US $ 34 juta. Sementara untuk dari hadiah  turnamen yaitu US $3,4 juta. Bukan tanpa alasan Osaka mampu menempati posisi tersebut. Petenis yang lahir pada 16 Oktober 1997 itu mendapat jumlah sebanyak itu disebabkan atas penunjukkan dirinya sebagai duta Olimpiade.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar di Jepang. Akan tetapi karena saat ini masih pandemi virus corona, turnamen olahraga terbesar sejagad itu diundur ke tahun 2021 mendatang. Dari gambaran singkat di atas, di cabang tenis, hanya Roger Federer yang mendapat lebih banyak endorsement ketimbang Osaka. Sementara itu, untuk posisi kedua ditempati petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams dengan total pendapatan sebesar US $36 juta atau setara dengan Rp 527,86 miliar sepanjang 2019. Kekayaan Serena diperoleh dari hadiah turnamen sebesar US $ 4 juta dan sisanya dari sponsor seperti Nike dan Gatorade serta dari brand terkenal lainnya.

Naomi Osaka Raih Pendapatan Jauh Melebihi Atlet Tenis Lainnya

Kekayaan yang dicapai oleh Osaka jauh melebihi capaian atlet tenis putri lainnya. Posisinya ditempel ketat hanya oleh Serena Williams. Sementara itu di posisi ketiga ditempati oleh petenis peringkat satu dunia saat ini, Ashleigh Barty. Barty hanya mendapatkan US$ 13,1 juta atau sekitar Rp 192 miliar.  Jika Osaka dan Serena memperoleh jumlah terbesar dari sponsor dan endorsement, untuk Barty justru meraih penghasilan terbesar dari turnamen dengan US $ 10,1 juta.  Kemudian, di posisi keempat ditempati oleh petenis berkebangsaan Rumania, Simona Halep. Mantan petenis peringkat satu dunia itu juga mendapat penghasilan terbesar dari turnamen. Juara Wimbledon 2019 itu meraih US$10,9 juta  atau sekitar Rp159,82 miliar dengan rincian US$ 6,9 dari turnamen dan US$ 4 juta dari sponsor.

Satu – satunya atlet non tenis yang berada dalam jajaran sepuluh besar adalah bintang tim nasional sepak bola putri Amerika Serikat yakni Alex Morgan. Atlet yang membawa Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia Putri pada 2019 tersebut mengumpulkan US$ 4,6 juta  atau sekitar Rp 67,4 miliar dimana dengan rincian US$ 400 ribu dari bonus dan US$ 4,2 juta dari endorsement.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here