Bundesliga Resmi Digelar Kembali Meski Sempat Ditemukan 10 Kasus Corona Baru

FFSPORTZ.COMBundesliga – Sudah banyak diberitakan di media – media olahraga kalau Bundesliga resmi bergulir pada bulan ini. Kabar baik itu didukung oleh pemerintah yang sudah memberikan izin secara resmi untuk menggelar gelaran sepak bola bergengsi di Jerman tersebut. Pada Rabu, 6 Mei 2020 kemarin orang nomor satu di Jerman yaitu Kanselir Angela Merkel sudah memberikan izin setelah diadakan rapat dengan Asosiasi Liga Jerman (DFL). Diketahui bahwa pada pertemuan kemarin malam dihadiri seluruh klub Bundesliga dan Bundesliga 2.

Bundesliga ditunda lagi sebab timbul kasus corona baru di Jerman

Memang sebelum adanya izin dari pemerintah Jerman, rencana bergulirnya kembali Bundesliga bakal tertunda lagi. Hal ini dikarenakan adanya temuan 10 kasus virus corona baru usai dilakukan tes kolektif yang dilakukan sekitar dua pekan lalu. Sebelumnya, memang diketahui bahwa ada sejumlah politikus Jerman yang siap mendukung gelaran Bundesliga, dan bahkan mereka bilang akan bisa dipercepat. Akan tetapi keadaan dilapangan tidak mudah untuk ditebak. Selain itu, Bundesliga juga belum mendapat lampu hijau untuk mengadakan kembali kompetisi dari Pemerintah Jerman.

Dengan adanya temuan kasus corona terbaru tersebut, tentu saja keinginan kembali menggelar Bundesliga bakal terancam apalagi ingin mempercepatnya. Menurut salah satu sumber menyebutkan kalau sejak pekan lalu sudah dilakukan tes sebanyak 1.724 yang dilakukan di 36 klub seluruh Jerman, baik Bundesliga dan juga Bundesliga 2.  Dalam tes tersebut, sampel diambil dari semua pihak yang terlibat dalam sebuah kompetisi diantaranya pemain, pelatih  dan staf. Sampel itu di uji di lima laboratorium yang berbeda.

Temuan kasus corona baru di Jerman tak halangi digelarnya kembali Bundesliga

Di tengah – tengah usaha untuk mendapatkan izin untuk menggelar kembali kompetisi, muncul kabar yang mengejutkan dari pemain Liga Jerman. Sesuai sedikit disinggung diatas ada 10 kasus baru corona usai jalani tes, mereka diantaranya adalah tiga pemain dari klub FC Cologne dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan swab test. Kemudian ada satu pemain lagi dari klub Dynamo Dresden. Pemain Dresden tersebut positif akan tetapi tanpa adanya genjala sehingga hanya menjalani karantina.

Dengan hasil tes ini, kemungkinan besar untuk melanjutkan Bundesliga kembali dalam waktu dekat jadi sedikit terganjal. Sebelumnya memang ada wacana, kemungkinan terbesarnya Bundesliga ditargetkan tanggal 9 September sebagai tenggat waktunya namun akhirnya harus diundur. Akan tetapi, setelah diadakan rapat besar klub dan pemerintah Jerman akhirnya Bundesliga bisa digelar kembali pada 22 Mei atau paling lambat 29 Mei dan tentunya akan digelar secara tertutup. Selain itu, akan ada protokkol kesehatan yang ketat untuk dipatuhi semua pihak yang terlibat dalam gelaran sepak bola itu. Kepastian ini sekaligus juga membantah isu bahwa Bundesliga akan lebih lama ditangguhkan. Hal ini berarti Bundesliga menjadi satu satunya liga elite Eropa pertama yang memulai kembali gelaran di tengah pandemi virus corona. Sementara untuk liga lain seperti Liga Prancis, Liga Belanda, dan Liga Belgia sudah menghentikan total kompetisi pada musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here