NBA Diikuti 22 Klub Di Masa New Normal

FFSPORTZ.COMNBA – Beberapa waktu lalu banyak media dari seluruh dunia mulai  mengenalkan istilah “New Normal” kepada seluruh orang. Tapi, sebenarnya masyarakat tahu atau tidak tentang istilah New Normal tersebut? New normal merupakan cara hidup baru di tengah pandemi virus corona yang angka kesembuhannya makin meningkat. Beberapa daerah telah membuat aturan terkait mengenai bagaimana penerapan New Normal sambil terus melakukan upaya pencegahan terhadap virus Covid-19. Masyarakat diharapkan mengikuti aturan itu dengan selalu tetap mematuhi aturan atau protokol kesehatan. Begitu juga dengan New Normal di Amerika Serikat yaitu pada ajang bola basket NBA. Dilaporkan bahwa Dewan Gubernur NBA dilaporkan di ambang kesepakatan untuk merampungkan musim 2019/2020 di masa New Normal.

Lanjutan kompetisi NBA 2019/2020 hanya diikuti 22 klub

Sebelumnya memang dikabarkan kalau lanjutan liga Basket NBA akan digelar pada 31 Juli sampai 12 Oktober di kompleks Disney World Orlando, Amerika Serikat. Pada lanjutan kompetisi NBA 2019/2020 hanya diikuti 22 klub yang sebelumnya direncanakan 30 klub. Menurut laporan dari Kolumnis ESPN, Adrian Wojnarowski mengatakan bahwa Dewan Gubernur NBA sudah menjadwalkan meeting secara virtual pada Kamis, 4 Juni siang waktu setempat. Mereka akan membahas lanjutan kompetisi di masa New Normal. Komisioner NBA, Adam Silver mengajukan format 22 klub tersebut dimana meliputi sisa musim reguler dan fase playoff hingga final. Ke-22 klub tersebut diantaranya selain 16 klub yang menempati delapan besar (Zona Playoff) klasemen masing – masing wilayah, lima klub Wilayah Barat dan satu klub Wilayah Timur akan ikut terlibat dengan prasyarat hanya tertinggal enam kemenangan dari zona playoff.

Untuk Wilayah Barat babak delapan besar terdiri dari LA Lakers dengan 49 kemenangan dan 14 kekalahan (49-14), Los Angeles Clippers (44-20), Denver Nuggets (43-22), Utah Jazz (41-23), Oklahoma City Thunder (40-24), Houston Rockets (40-24), Dallas Mavericks (40-27) dan Memphis Grizzlies (32-33). Sementara untuk Wilayah Timur terdiri dari Milwaukee Bucks (53-12), Toronto Raptors (46-18), Boston Celtics (43-21), Miami heat (41-24), Indiana Pacers (39-26), Philadelphia 76ers (39-26), Brooklyn Nets (30-34) dan Orlando magic (30-35). Kemudian enam klub yang berlaga dalam lanjutan sisa musim ini yaitu Portland  Trail Blazers (29-37), New Orleans Pelicans (28-36), Sacramento Kings (28-36), San Antonio Spurs(27-36) dan Phoenix Suns (26-39) dari Wilayah Barat serta satu klub lagi yaitu Washington Wizards (24-40) dari Wilayah Timur.

NBA buka opsi turnamen play-in untuk penentuan peringkat dan playoff

Dilaporkan bahwa sisa musim rencananya akan memainkan delapan pertandingan musim untuk memastikan delapan tim zona playoff masing – masing wilayah. Selain itu, NBA juga membuka opsi rangkaian turnamen play-in untuk menentukan klub peringkat kedelapan dan playoff. Turnamen play-in nantinya akan diikuti klub peringkat ke-8 dan ke-9, namun dengan syarat klub peringkat ke-9 itu mengakhiri musim hanya terpaut empat kemenangan dari klub peringkat ke-8. Jika skenario itu terjadi, maka klub peringkat ke-8 akan memasuki turnamen play-in dengan format eliminasi ganda, sedangkan eliminasi tunggal berlaku untuk klub peringkat ke-9.

Klub peserta lanjutan musim tetap jalani sesi latihan di markas masing – masing pada bulan Juli sebelum mengikuti pemusatan latihan di Orlando. NBA tetap berlakukan protokol kesehatan secara ketat dalam melanjutkan musim ini. Kabar baiknya, para pemain dan pelatih tetap diperbolehkan main golf dan makan di restoran di luar ruangan dengan tetap jaga jarak. Selain itu, Protokol serupa juga akan berlaku bagi para pekerja di Disney World, Orlando.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here