Pemain Basket

FFSPORTZ.COMNBA – Seperti yang sudah santer diberitakan, liga basket paling bergengsi di dunia, NBA musim 2019-2020 akan segera dilanjutkan kembali pada 30 Juli mendatang. Setiap harinya pihak penyelenggara terus menyempurnakan aturan – aturan yang akan digunakan selama lanjutan laga di kompleks Disney World Orlando, Florida, Amerika Serikat. Setelah sibuk menentukan protokol kesehatan, kini diputuskan tentang peraturan mengenai penambahan dan pergantian pemain basket NBA.

Beragam rancangan skenario tentang pemain di laga lanjutan NBA

Baru – baru ini, berbagai media olahraga telah menginformasikan soal rencana penambahan dan pergantian pemain NBA di laga lanjutan musim 2019-2020. Akan tetapi, pihak liga sendiri belum membuat aturan resmi mengenai hal itu. Berikut ini beragam rancangan skenario tentang pemain di laga lanjutan NBA.

  1. Setiap klub hanya boleh membawa 17 pemain

Secara normal, klub NBA terdiri dari 15 pemain. Namun, karena muncul kekhawatiran cedera dan potensi ancaman virus Covid-19, maka pihak liga berencana menambah dua slot pemain. NBA dan Asosiasi pemain diharapkan sepakat tentang keputusan mendaftarkan 17 atlet basket ke Orlando. Rencana ini masih dipikirkan secara matang, sebab ahli kesehatan khawatir dengan peningkatan jumlah orang.

  1. Pemain Cedera Tidak Boleh Ikut

Dari 22 klub yang akan bermain di Orlando ada beberapa dari mereka memiliki pemain yang cedera. Mereka diantaranya Bojan Bogdanovic (Utah Jazz), LaMarcus Aldridge (San Antonio Spurs), Kyrie Irving dan Kevin Durant (Brooklyn Nets) serta Dwight Powell dan Jalen Brunson (Dallas Mavericks). Dengan adanya hal ini, tidak masalah ketika NBA mengizinkan ada penambahan dan pergantian pemain. Sementara itu, pihak NBA nampaknya juga tidak membolehkan pemain yang datang sekedar untuk memberi dukungan. Kemudian, pihak liga sudah memberi toleransi bahwa setiap klub hanya boleh membawa maksimal 35 personel termasuk pemain dan ofisial.

  1. Boleh memakai pemain pengganti dari G-League dan pemain Amerika Serikat

Sempat diberitakan kalau syarat pemain pengganti di lanjutan NBA hanya dari pemain aktif dan G-League. Namun, aturan terbaru tentang pemain NBA bisa dari mana saja kecuali pemain dari Internasional. Pebasket yang tidak punya klub di musim terakhir seperti Jamal Crawford, Joe Johnson, dan JR Smith atau yang lain bisa jadi pilihan pengganti.

  1. Setelah main di Orlando tidak ada pergantian pemain

Jika ada pemain yang positif Covid-19 dan tidak menunjukkan gejala, maka pemain akan dikarantina. Jika menunjukkan gejala maka klub bermain tanpa pemain tersebut atau menunggu hingga pemain dinyatakan sembuh. Pergantian pemain setelah liga dilanjutkan kembali dirasa sangat sulit, sebab protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat. Namun jika mendatangkan pemain setelah laga lanjutan dimulai maka pemain akan dikarantina dulu. Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, pemain yang sudah keluar dari Orlando tidak akan kembali sampai musim berakhir.

  1. Bursa Transfer NBA Dibuka 22 Juni

Bursa transfer pemain dibuka 22 Juni hingga awal Juli 2020. Semua aturan pergantian atau penambahan pemain akan dihentikan saat memasuki playoff.  Sebelumnya, sempat ada informasi mengenai Pro dan kontra tentang digelarnya kembali laga lanjutan ini. Maka dari itu, Jika ada pemain yang menolak tampil di Orlando, maka pemain tersebut harus melapor ke klub sebelum  24 Juni 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here