Yeliz Basa

FFSPORTZ.COMYeliz Basa – Ada yang mengatakan bahwa gelaran Proliga di Tanah Air semakin menarik setelah adanya pemain asing yang turut meramaikannya. Kali  ini akan di bahas sedikit tentang skuad asing klub Jakarta PGN Popsivo Polwan kala menjadi juara di ajang proliga 2019 lalu. Sementara itu, sebagaimana diketahui bersama kalau Proliga 2020 tekah dihentikan di tengah jalan sebagai imbas dari pandemi virus corona. Pada Proliga 2019 kemarin, pada sektor putri ada cerita menarik dari klub Jakarta PGN Popsivo Polwan. Mereka mampu menyapu bersih empat pertandingan dengan meraih empat kemenangan.  Bagaimana mereka bisa tampil sebegitu luar biasa?  Mari kita simak bersama – sama.

Klub Jakarta PGN Popsivo Polwan menang sempurna

Klub Jakarta PGN Popsivo Polwan mampu mencatatkan kemenangan yang sempurna 3-0 pada semua pertandingan. Kemenanga itu diraih saat mereka melawan klub jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Bandung Bank bjb Pakuan dan Jakarta Elektrik PLN. Pada Proliga 2019 kemarin, Popsivo Polwan ternyata diperkuat legiun asing yang cukup memiliki pengalaman banyak dikancah pervolian internasional. Pemain voli asing tersebut adalah Yeliz Basa. Yeliz Basa merupakan pemain voli putri profesional berkebangsaan Turki dimana dirinya adalah atlet voli pertama Turki yang mencicipi kerasnya atmosfer pertarungan Proliga.

Sebelum bergabung dengan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Yeliz bersama rekannya Veronica (Italia) bergabung dengan klub Gresik Petrokimia di Proliga 2018. Namun, karier Yeliz lebih panjang dari ketimbang Veronica sebab dia akhirnya diboyong Popsivo Polwan. Diketahui bahwa sebelum pevoli tangguh yang lahir pada 13 Agustus 1987  di Beykoz, Istanbul, itu bergabung di Proliga, dia memperkuat tim besar di negaranya Besiktas selama satu dekade. Dia mampu membawa klubnya tersebut menangi tiga trofi juara. Sedangkan di Proliga, wanita 32 tahun itu harus berjuang dengan keras di fase putaran kedua, final four dan babak grand final Proliga 2019

Yeliz Basa tuntaskan pekerjaannya di Proliga 2019

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, pertama kali Yeliz Basa jalani laga Proliga, dia bergabung dengan klub Gresik Petrokimia. Namun, dia belum berhasil membawa Gresik Petrokimia juara di Proliga 2018. Dikarenakan Pada proliga 2019, Gresik Petrokimia absen, maka pekerjaan Yeliz dituntaskan bersama Jakarta PGN Popsivo Polwan dengan meraih kampiun juara. Selain itu memang, klub Jakarta PGN Popsivo diketahui disebut – sebut dijagokan. Bukan tanpa alasan, karena klub tersebut memiliki para pemain voli yang sangat hebat diantaranya Aprilia Manganang, Amalia Fajrina Berllian Marsheilla, dan Wilda Sugandi.

Yeliz mewakili klubnya mengatakan kalau semua skuat PGN Popsivo Polwan bangga dan bahagia dengan pencapaian mereka. Dia ingin mengucapkan terima kasih kepada klu PGN Popsivo Polwan, staf dan direktur, termasuk manajer umum Bu Ernita Pungki (Asisten manajer Popsivo) dan pelatih Chamnan Dokmai sebab telah diberikan kepercayaan. Salah satu anggota Timnas voli putri Turki itu mengaku terkesan dengan  suasana kompetisi yang sempurna di Indonesia. Bersama Timnas voli putri Turki dia pernah menjuarai Liga Voli Eropa Wanita pada tahun 2014, BVA Cup antar negara balkan pada 2008 dan 2009 bersama Besiktas. Selain itu masih banyak lagi gelar juara di level klub beberapa negara misalnya di Jepang dan Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here