Bakal Rugi Trilyunan Rupiah Jika Turnamen Elit Tenis Harus Dibatalkan

FFSPORTZ.COM – Beberapa hari yang lalu sempat diketahui bahwa ada presiden dari salah satu klub sepakbola Perancis yang menyatakan kerugiannya jika gelaran sepakbola di Perancis dihentikan atau digelar tanpa adanya penonton. Setelah diketahui ternyata pernyatan tersebut dikeluarkan dari Presiden Klub Olympic Lyon yaitu Jean- Michel Aulas. Dia meyatakan kalau Jlubnya akan rugi 2 juta Euro atau sekitar 32,5 milyar per pertandingan. Hal ini karena pemasukan besar untuk mereka hilang sebab tidak adanya transaksi jual beli tiket pertandingan. Tidak hanya klub sepakbola saja, akan tetapi juga kerugian besar juga datang dari turnamen elit tenis. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa Virus Corona atau covid-19 membawa dampak buruk  bagi perekonomian secara umum.

Tiga turnamen Elit berpeluang terkena dampak virus corona

Diketahui bahwa turnamen tenis Indian Wells 2020 yang seharusnya digelar apekan ini ternyata membawa dampak pada jadwal tenis elit sepanjang musim ini. Ada tiga turnamen elit berpeluang terkena dampak virus corona yaitu Perancis terbuka, Wimbledon dan Amerika Serikat terbuka. Menurut laporan dari The Guardian, mereka menyebutkan penundaan turnamen yang digelar di Indian Wells, California, Amerika Serikat tersebut berkemungkinan juga berimbas pada turnamen tenis lainnya di negara Amerika. Tepatnya yaitu pada pekan terakhir bulan ini, Miami terbuka.

Ancaman virus mematikan ini membuat Federasi yang menaungi sejumlah turnamen elite seperti Federasi Tenis Internasional (ITF), WTA, dan ATP, tak bisa berkutik. Turnamen besar tenis dunia harus terpaksa ditunda. Sebab turnamen yang mengharuskan perjalanan Internasional dari satu negara ke negara lain akan terancam terpapar virus corona. Menurut salah seorang sumber dari Federasi mengatakan kalau membatalkan turnamen secara sepihak merupakan tindakan yang sangat bodoh. Sebab mengapa harus dihentikan jika telah mendapat jaminan otoritas kesehatan dan keamanan dari pemerintah

Tiga turnamen elit akan alami Kerugian besar jika dibatalkan

Jelas sekali bahwa covid-19 yang berujung pada dilakukannya pembatalan terhadap turnamen tenis akan menyebabkan kerugian terutama finansial. Sebagai contoh saja, kerugian akibat dibatalkannya Indian Wells diperkirakan bakal mencapai 50 juta Poundsterling atau sekitar Rp 714 miliar. Namun, jika pembatalan juga dilakukan terhadap turnamen grand slam seperti Rolland Garros dan Wimbledon pada Mei- Juni mendatang, maka kerugian bisa mencapai trilyunan.

Sementara itu, pihak penyelenggara sejumlah turnamen tenis di Negeri Ratu Elizabeth misalnya Queen’s dan Wimbledon belum mau memberikan komentar. Mereka berkemungkinan mengembalikan uang para penonton yang sudah membeli tiket jika seandainya turnamen dibatalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here