Para Atlet Bulu Tangkis Indonesia
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMAtlet Bulutangkis Indonesia – Sering didengar kalau di dunia olahraga atau bidang lainnya, para atlet memiliki julukan khusus. Begitu juga atlet bulu tangkis Indonesia, dengan menjadi salah satu tim kuat di ajang bulu tangkis dunia, nampaknya memang benar adanya kalau para atlet bulu tangkis Indonesia memiliki bermacam – macam julukan khusus yang unik dan menarik. Untuk bagaimana awal mula julukan – julukan tersebut sulit dipastikan namun menurut kabarnya kalau berbagai julukan tersebut berasal dari penggemar atau kebiasaan bertanding atau mungkin yang lain.

Deretan atlet bulu tangkis Indonesia yang memiliki julukan khusus

Dalam satu dekade ini dunia bulu tangkis sering bergaung kata – kata The  Minions. Julukan The Minions disematkan kepada atlet bulu tangkis Indonesia sektor ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Hal ini katanya secara sekilas memang karena postur mereka tidak terlalu ideal sebagai atlet. Lalu bagaimana yang sebenarnya dan siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang mendapat julukan khusus? Berikut ini atlet bulu tangkis Indonesia yang memiliki julukan khusus.

  1. Liem Swie King (King of Smash)

Siapa yang tidak tahu Liem Swie King? Salah satu legenda bulu tangkis Indonesia ini terkenal dengan ciri khas dalam pukulannya. King terkenal dengan julukan King of Smash, bukan tanpa alasan julukan tersebut disematkan padanya. King mampu melakukan cara untuk memukul shuttle cock yang diarahkan untuk menembus pertahanan lawan. Julukan “King of Smash selanjutnya melekat dalam dirinya hingga saat ini.

  1. Hariyanto Arbi (Smash 100 Watt)

Legenda bulu tangkis selanjutnya yang mendapatkan julukan khusus adalah Hariyanto Arbi. Hariyanto mendapatkan julukan Smash 100 Watt. Menurut kabarnya, julukan ini mulai disematkan pada Hariyanto pada saat melakoni turnamen di Malaysia. Pada saat itu, Hariyanto sedang melawan Rashid Sidek (atlet Malaysia) di babak final. Hariyanto bercerita kalau sebelum laga final, dirinya sedang makan pagi bersama rekannya, Ardy B Wiranata dan membahas tentang pertemuan Hariyanto di final dengan Rashid. Lalu Ardy menantang Hariyanto apakah bisa mengalahkan Rashid yang terkenal dengan jago kandang itu.

Memang sebelumnya, Ardy telah dikalahkan oleh Rashid di babak semifinal. Dengan tanpa ragu dan spontan, Hariyanto menjawab tantangan rekannya itu. Hariyanto mengucapkan kalau dirinya akan mengalahkan Rashid dengan Smash 100 Watt.  Kata – kata spontan tersebut rupanya didengar oleh salah satu wartawan Malaysia yang tengah meliput dan keesokan harinya, Hariyanto berhasil mengalahkan Rashid Sidek di kandangnya sendiri.

  1. Taufik Hidayat ( Fastest Backhand Smash)

Salah satu legenda hidup bulu tangkis tunggal putra Indonesia Taufik Hidayat juga miliki julukan yang tak kalah keren. Atlet yang namanya terseret kasus Korupsi mantan Menpora Imam Nahrawi itu memiliki ciri khas backhand smash ketika menyerang lawannya. Melalui pukulannya tersebut, lawannya akan kesulitan menangkis pukulan kencang milik Taufik. Hingga sampai saat ini, Taufik masih tercatat sebagai pemegang rekor backhand smash tercepat yaitu 206 km/jam.

  1. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (The Minions)

Sesuai dengan sedikit disinggung diatas, atlet bulu tangkis Indonesia peringkat nomor satu dunia di sektor ganda putra Marcus/Kevin dijuluki The Minions. Hal ini dikarenakan tubuhnya yang sama- sama mungil. Diketahui bahwa tinggi badan Kevin adalah 170 cm dan Marcus 169 cm. Menurut laporan dari Djarum Badminton, julukan The Minions dipopulerkan oleh pecinta bulu tangkis, Stephanie Zen pada 2015.  Julukan The Minions diambil dari karakter film Despicable Me. Karakter kecil berwarna kuning yang menjadi tokoh protagonis dan nama  Kevin dan Marcus adalah merupakan nama dari Minions dalam film tersebut. Dengan julukan tersebut ternyata membuat mereka semakin populer dengan deretan prestasi dan gelar.  Bahkan BWF sempat menggunakan julukan tersebut dalam pemberitaan mereka. Selain itu, khusus untuk Kevin memiliki julukan sendiri yaitu tangan Petir atau Gledek dan Flying Kevin. Hal itu dikarenakan Kevin memiliki pukulan keras dan suka melompat tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here