Antara Proliga 2002 dan 2020

FFSPORTZ.COMProliga – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Proliga merupakan gelaran voli yang paling bergengsi di Tanah Air. Proliga juga merupakan kompetisi bola profesional yang diadakan setiap tahun di Indonesia. Kompetisi Proliga tidak hanya diikuti oleh pemain voli lokal akan tetapi juga dari luar negeri. Untuk Proliga musim 2020 ini memang sudah dihentikan tanpa ada gelar juara sebagai imbas dari pandemi virus Covid-19 atau corona. Jika melihat perjalanan kompetisi proliga sejak pertama kali yaitu tahun 2002 hingga proliga terakhir 2020 ternyata sudah 19 kali digelar. Hal ini bearti sudah 19 tahun pula perjalanan Proliga di Indonesia.

Kompetisi bola voli profesional Indonesia Proliga 2002

Seperti yang sudah disinggung di atas, kompetisi Proliga pertama kali dilaksanakan pada tahun 2002. Kompetisi digelar dari tanggal 1 bulan Februari hingga pada 7 April 2002 dan digelar di lima kota yaitu Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Gresik.  Partai final kompetisi Proliga 2002 dilaksanakan di Jakarta, tepatnya di istora Gelora Bung Karno di kompleks olahraga Gelanggang olahraga Bung Karno. Sebagai informasi penting, peluncuran Proliga merupakan hasil terobosan dari Ibu Rita Subowo. Beliau pada waktu itu menjabat sebagai Ketua Umum PP PBVSI.

Rita melihat adanya kemunduran bola voli baik dari segi pembinaan, kompetisi, maupun prestasi maka dari itu diadakan sebuah kompetisi profesional. Melalui Proliga inilah popularitas voli di masyarakat semakin dikenal dan tentu kompetisi semakin bergairah lagi. Berikut ini adalah klub yang ikut serta di proliga 2002 atau kompetisi voli profesional pertama kali di Indonesia

Tim Putra: Yogya Yuwana (YUSO YOGYAKARTA), Bandung Tectona (PERHUTANI BANDUNG), Jakarta Phinisi (BANK BNI 46 JAKARTA), Surabaya Flame (SAMATOR SURABAYA), Jakarta Patriot (MABES TNI JAKARTA), Jakarta Sananta (P2K JAKARTA), Jakarta Monas, dan Bogor Tunas. Juara Proliga 2002 yaitu Bandung Tectona.

Tim Putri: Yogya Yuwana (YUSO YOGYAKARTA), Bandung Tectona (PERHUTANI BANDUNG), Jakarta Phinisi (BANK BNI 46 JAKARTA), Gresik Phonska (PETROGRES GRESIK), Jakarta Patriot (MABES TNI JAKARTA), Jakarta Monas DKI, Jakarta Princes, dan Bogor Tunas. Juara Proliga 2002 yaitu Jakarta Monas DKI

Kompetisi bola voli profesional Indonesia Proliga 2020

Seperti yang sedikit dibicarakan di atas, Proliga 2020 ini merupakan Proliga yang berbeda dari ajang sebelum – sebelumnya. Hal ini dikarenakan imbas dari pandemi virus Covid-19. Ajang proliga 2020 dihentikan sebelum menyelesaikan kompetisi. Diketahui laga dihentikan ketika akan masuk pada fase final four. Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali didapuk untuk membuka Proliga 2020. Beliau memberi apresiasi kepada PB PBVSI yang secara konsisten menggelar kompetisi setiap tahunnya. Pembukaan Proliga musim 2020 ini dilakukan pada hari Jumat, 7 Februari 2020.

Tercatat ada sebanyak 11 tim yang terdiri dari enam klub putra dan lima putri. Berikut ini adalah klub yang ikut serta di proliga 2020 kemarin. Untuk tim putra: Surabaya Bhayangkara Samator (Juara Bertahan), Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta Garuda, dan pendatang baru musim ini, Lamongan Sadang MHS. Sementara untuk tim putri yaitu Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung BJB Tandamata, dan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here