Damian Lillard
indoagen

Berita Basket – Siapa yang tidak kenal dengan pebasket bintang dari klub Portland Trail Blazers, Damian Lillard. Lillard terkenal dengan kemampuannya melepaskan tembakan dari jarak yang sangat jauh. Asal tahu saja, kebiasaan bermain Lillard tersebut rupanya dilakukan semata – mata bukan tanpa alasan. Dalam wawancara terakhir bersama media setempat, pemilik nama lengkap Damian Lamonte Ollie Lillard Sr. Itu memberi pengakuan jika dirinya memang senang melepaskan tembakan tiga angka. Sebelumnya, melepaskan tembakan dari jarak super jauh hingga tengah lapangan bukanlah sesuatu yang dia benar – benar sukai.

Alasan Damian Lillard Sering Melepaskan Tembakan Jarak Jauh

Seperti diketahui bahwa pebasket yang lahir pada15 Juli 1990 itu merupakan pemain kunci dari  klub Portland Trail Blazers. Maka dari itu, dirinya kerap mendapatkan penjagaan ketat dari pemain lawan. Untuk menghindari penjagaan ketat tersebut, maka Lillard harus memperagakan aksi yang sulit diprediksi oleh pemain lawan. Sebagai ciri khas, banyak pemain – pemain lawan tentu tidak menyangka jika pria 30 tahun itu bakal melepaskan tembakan jarak jauh bahkan dari tengah lapangan.

Lillard menyatakan bahwa ketika dirinya memegang bola, dia sering di double team bahkan sebelum dia masuk ke dalam halfcourt. Karena itulah mengapa Lillard selalu mencari cara untuk tetap bisa mencetak poin dari penjagaan ketat tersebut. Ketika dia melihat lawan – lawannya lengah, alumni dari perguruan tinggi Weber State itu langsung mempunyai insting untuk melepaskan tembakan dari jarak jauh. Dia tidak peduli seberapa jauh jarak yang dia ambil ketika melepaskan tembakan tersebut. Menurutnya, yang terpenting adalah dia harus yakin bahwa bola itu akan masuk dan memberi tambahan poin bagi skor klubnya.

Kiprah Perjalanan Lillard di Kancah Basket NBA

Sebelumnya bermain di liga profesional, Damian Lillard bermain pada level perguruan tinggi bersama tim Weber State Wildcats. Dia mendapat penghargaan masuk ke dalam tim ketiga All-American pada tahun 2012. Lillard dipilih pada pilihan keenam oleh Trail Blazers pada draft NBA tahun 2012 dan berhasil memperoleh penghargaan Rookie of the year NBA. Tercatat bahwa sepanjang kariernya, Lillard telah empat kali menjadi anggota NBA All-Star sekaligus merupakan salah satu dari empat pemain dalam sejarah Trail Blazers untuk menjadi All-Star empat kali.

Saat sebagai mahasiswa baru, Lillard telah berhasil mencetak rataan 11,5 angka per game dan dinobatkan sebagai Freshman of The Year. Di tahun keduanya bersama Wilcats, Lillard menaikkan rataan angkanya menjadi 19,9 poin per pertandingan dan memimpin tim ini ke kejuaraan konferensi musim reguler. Usai mendapat gelar Big Sky Player of The Year dan diseut dalam daftar kehormatan All-American oleh Associated Press, Lillard dipandang sebagai harapan baru point guard teratas di Amerika Serikat untuk memasuki NBA. Lillard tercatat mengakhiri karier bola basket di level perguruan tinggi sebagai pencetak angka terbanyak nomor 2 dalam sejarah kampus Weber State yakni 1.934 poin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here