Novak Djokovic Tuai Kritikan

FFSPORTZ.COMAdria Tour 2020 – Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya bahwa Petenis peringkat 1 dunia, Novak Djokovic telah mengadakan turnamen tenis ekshibisi Adria Tour 2020. Turnamen tersebut mulai bergulir pada 12 Juni di Belgrade, Serbia. Para petenis tingkat dunia akan bertanding di tur keliling Balkan seperti diantaranya Novak Djokovic sendiri, Alexander Zverev, Dominic Thiem, Grigor Dimitrov serta yang lain. Berbeda dengan gelaran olahraga lain, pihak panitia Adria Tour  yaitu Novak Djokovic Foundation juga membuka pintu untuk para penonton yang ingin menyaksikan secara langsung. Para pecinta tenis tersebut ternyata memadati bangku penonton.

Djokovic terima kritik atas digelarnya turnamen Adria Tour 2020

Selain acara utama turnamen tenis Ekshibisi, panitia juga mengundang anak – anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan main bersama sebelum turnamen resmi dimulai. Djokovic mengklaim bahwa situasi Serbia terkait pandemi virus Covid-19 cukup aman sehingga kegiatan luar ruangan yang melibatkan penggemar dan anak – anak diperolehkan oleh pemerintah setempat. Menurut laporan petenis 33 tahun itu, Serbia memiliki kondisi dan aturan yang berbeda dari negara lain, sehingga sulit untuk mengikuti standar internasional terkait pandemi virus corona.

Peraih gelar Grand Slam Australia Open 2020 itu mengatakan kalau angka keamanan yang lebih baik ketimbang negara lain. Namun tak dipungkiri bahwa Djokovic juga merasa sedih dengan banyaknya korban yang berjatuhan. Akan tetapi, hidup harus berlanjut dan sebagai atlet sangat menantikan kompetisi. Petenis peraih 17 gelar Grand Slam ini yakin kalau ada pihak yang menentang keputusan ini, maka dari itu Djokovic terima kritik atas digelarnya turnamen Adria Tour 2020. Djokovic dan segenap panitia melakukan karena pemerintah Serbia sudah memberikan izin dan berharap bisa segera memulai tur  kembali.

Turnamen Adria Tour 2020 dikritik akibat dipadati penonton

Turnamen Adria tour 2020 ini pun menuai banyak kritikan. Salah satunya dari para komentator tenis ternama misalnya Nick McCarvel. McCarvel mengunggah cuitan di akun Twitter tentang Novak Djokovic yang hipokrit atau orang yang munafik. Tentu ada alasan dibalik cuitan seorang Nick McCarvel.  Dia menganggap begitu pada Djokovic karena enggan ke US Open 2020, akan tetapi sang bintang tenis itu malah menggelar turnamen yang dipenuhi penonton. Tak hanya acara turnamen tenis Adria Tour, Serbia juga mengizinkan pertandingan sepak bola lokal Belgrade dengan jumlah penonton hingga mencapai 25 ribu orang. Pemerintah Serbia telah melonggarkan seluruh aturan terkait Covid-19 terutama soal kerumunan massa di luar ruangan.

Sebelumnya memang diketahui bahwa Djokovic sangat kurang setuju dengan diadakannya US Open 2020. Entah dengan alasan aturan protokol yang memberatkan, pertimbangan kesehatan dan keselamatan dari wabah virus dan juga terkait demonstrasi George Floyd. Petenis peserta Adria Tour 2020 lainnya, Alexsander Zverev juga sudah kangen dengan ajang Grand Slam. Karena kondisi Amerika Serikat kurang kondusif, sehingga membuat petenis 23 tahun itu tak penuhi undangan peserta US Open musim ini. Kondisi Adria Tour 2020 tentu sangat berbeda dengan US Open yaitu pada aturan jaga jarak yang terlalu ekstrem. Sebagai informasi terakhir, Adria Tour akan berlangsung hingga 4 Juli 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here