Adam Silver

FFSPORTZ.COMNBA – Lanjutan laga basket NBA  musim 2019-2020 dijadwalkan segera akan kembali bergulir pada 30 Juli mendatang. Tentu dengan serangkaian protokol kesehatan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai lokasi digelarnya laga, Walt Disney World Orlando, Florida akan menjadi tempat satu – satunya serangkaian kompetisi lanjutan. Akan tetapi, menjelang dibukanya kembali laga basket paling bergengsi itu, kasus covid-19 di lingkungan pemain justru meningkat pesat.

Komisioner NBA bakal menghentikan laga jika kondisi semakin parah

Diketahui bahwa usai jalani tes pada 23 Juni lalu, sejumlah pebasket positif Covid-19. Sebagai tuan rumah sendiri, Florida masuk zona merah karena kasus positif yang naik drastis setiap hari. Dengan adanya kondisi ini, sang komisioner NBA, Adam Silver angkat bicara untuk merevisi jadwal hingga pembatalan laga jika kondisi semakin parah atau tak ada perubahan. Silver mengatakan bahwa satu hal yang pihaknya pelajari, virus ini tidak bisa diprediksi. Pihaknya saling bekerja sama untuk mengamati perkembangan data kasus Covid-19 setiap hari.

Dalam wawancara dengan Time 100 pada Selasa 30 Juni 2020 kemarin, Adam Silver berharap kalau jumlah kasus corona mereda. Jika seandainya ada yang memerlukan perubahan, maka pihaknya siap menerapkannya. Adam Silver mengungkapkan bahwa penghentian liga bakal menjadi opsi terakhir yang akan dipilih oleh menajemen jika kondisi dianggap parah atau genting. Sejauh ini, Adam Silver percaya kalau isolasi di Orlando merupakan langkah terbaik karena otoritas kesehatan terus memantau kesiapan NBA musim ini. Adam Silver bersama pihaknya masih melihat kondisi yang akan terjadi, jika ada kasus terjadi saat isolasi, akan jadi pertimbangan apakah musim berlanjut atau tidak.

Adam Silver fokus pada persiapan liga musim 2019-2020

Saat ini, Adam Silver memilih untuk fokus mempersiapkan liga yang tertunda sejak 11 Maret 2020 lalu. Kondisi akan lebih aman di dalam arena Disney World ketimbang di luar. Pria 53 tahun itu tak melihat ada tempat lain yang menggelar tes untuk orang – orang tanpa gejala seperti layaknya NBA. Silver pun yakin bahwa NBA bisa menjadi contoh untuk olahraga – olahraga lain yang akan melanjutkan kembali gelaran tertunda mereka karena virus corona. Pihak NBA akan bertanggung jawab dan terus memantau situasi serta yang akan menjadi indikator mereka adalah peta persebaran di internal (Disney World Orlando).

NBA dan pihak federasi basket Amerika Serikat akan menjadikan Disney World seaman mungkin atau terhindar dari virus Covid-19 dengan berbagai protokol kesehatan ketat.  Meskipun dengan adanya laporan bahwa Florida menjadi zona merah, Adam Silver optimis semua protokol yang disiapkan mampu menangkal segala kondisi. Segala aturan atau protokol disiapkan memang dirancang untuk menghadapi situasi seperti ini, melindungi semua pihak yang terlibat dari kasus diluar komunitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here