6 Fakta Menarik Striker Muda Borussia Dortmund Erling Haaland

FFSPORTZ.COMErling Haaland – Baru – baru ini nama pemain sepak bola Erling Haaland memang jadi sorotan para pecinta si kulit bundar. Memang sangat umum kalau seorang pesepak bola kerap lakukan selebrasi atas gol yang mereka ciptakan. Ada berbagai gaya atau pose yang sering ditampilkan para pemain sepak bola, dan rata – rata mereka yang kerap lakukan selebrasi gol adalah pemain bintang. Kemarin Haaland sempat juga menampilkan aksi selebrasi gol pada saat di leg pertama laga antara Paris Saint-Germain kontra Borussia Dortmund sehingga membuat Haaland banyak diperbincangkan. Ditambah lagi  karena Haaland melakukan aksi selebrasi gol  mirip dengan posisi orang bermeditasi atau yoga.

Fakta menarik talenta muda sepak bola Erling Haaland

Pesepak muda yang memiliki nama lengkap Erling Braut Haaland  ini merupakan pemain sepak bola profesional asal Norwegia. Saat ini dia bermain untuk klub Bundesliga Borussia Dortmund dan juga tim nasional Norwegia. Selain itu masih ada banyak beberapa fakta menarik lainya yang belum banyak didengar oleh banyak penikmat sepak bola. Apa saja fakta menarik dari talenta muda sepak bola Erling Haaland ? berikut lebih jelasnya.

  1. Haaland mengidolakan sosok Cristiano Ronaldo

Talenta sepak bola yang lahir di Leeds, 21 Juli 2000 itu mengungkapkan kalau dirinya mengidolakan sosok Cristiano Ronaldo. Tidak hanya sekedar sosok idola, Haaland ternyata menjadikan megabintang asal Portugal itu sebagai panutannya. Ronaldo yang kini membela Klub Juventus itu merupakan pesepak bola yang menginspirasi pemuda 20 tahun itu. siapa yang tidak kenal dengan Cristiano Ronaldo. Sang mega bintang sepak bola dunia dengan beragam prestasi tertinggi sepak bola pernah dia raih beberapa kali misalnya lima kali penghargaan Ballon d’Or. Maka dari itu, sebagai sesama pemain sepak bola, rasanya sangat wajar jika Haaland begitu mengidolakan striker timnas Portugal itu.

  1. Mampu cetak hat-trick di laga perdana bersama Dortmund

Setelah transfer selesai, Haaland akan membela Dortmund 4 tahun kedepan. Di awal laga perdana Dortmund versus Augsburg (5-3) pada pertengahan Januari lalu, meski didapuk sebagai pemain cadangan, namun dia berhasil mencetak hat-trik dalam laga tersebut. Hebatnya, masuk di menit ke-56, Haaland mampu mencetak Hat-trik hanya dalam waktu dua puluh menit. Selain itu, sebenarnya Haaland juga pernah mencetak hattrik, yaitu disaat Bersama Timnas Norwegia U19, pada 2018 lalu.  Hattrick-nya saat melawan timnas Skotlandia dengan kemenangan 5-4 Kejuaraan U-19 Eropa UEFA 2018. Ditambah lagi dengan prestasi Di Liga Champions UEFA 2019-2020, dia menjadi pemain sepak bola remaja pertama yang mencetak gol dalam lima pertandingan secara berturut – turut.

  1. Kerap wakili timnas Norwegia di berbagai kelompok umur ajang sepak bola

Haaland kerap mewakili Norwegia di berbagai kelompok umur. Selain bergabung dengan timnas U-19 di ajang Eropa UEFA 2018, kemudian di Piala Dunia FIFA U-20 2019 di Lublin, Polandia. Dalam ajang FIFA U-20 yang digelar pada Mei 2019  itu Haaland mampu mencetak gol sebanyak sembilan gol saat Norwegia bertemu dengan Honduras. Meskipun Norwegia tersingkir di babak penyisihan grup, namun gol Haaland menjadi rekor Piala Dunia U-20 baru untuk gol terbanyak oleh pemain tunggal dan kemenangan terbesar oleh tim mana pun dalam sejarah turnamen ini.  Di awal sepak bola profesionalnya, penampilan bagus Haaland bersama Red Bull Salzburg dan dia mampu mencetak enam gol dalam empat pertandingan pertama Bundesliga Austria 2019-2020. Kemudian, Pada 28 Agustus 2019, Haaland dipanggil manajer Lars Lagerback untuk masuk dalam skuat senior Norwegia di kualifikasi Euro 2020. Debutnya dalam ajang itu ketika melawan Malta.

  1. Gaya bermain dibanding – bandingkan dengan Zlatan Ibrahimovic

Meskipun baru – baru ini muncul pengakuan Haaland kalau pemain sepak bola idolanya adalah Cristiano Ronaldo, namun dia kerap dibanding bandingkan dengan Zlatan Ibrahimovic. Hal ini dikarenakan gaya bermain dan postur tinggi badan serta produktif dalam mencetak gol mirip dengan Ibra.

  1. Anak dari pesepak bola Alf-Inge Haaland

Usut punya usut darah sepak bola dari Haaland menurun dari sang ayah. Ayah Haaland merupakan mantan pesepak bola Norwegia yang sempat berkarier di klub Forest Nottingham, Leeds United dan bek Manchester City.

  1. Lahir di Leeds, Inggris

Meski kini dia menjadi penduduk Norwegia, akan tetapi sebenarnya Haaland lahir di Leeds, Inggris. Haaland pindah ke Bryne, Norwegia bersama keluarga ketika usianya tiga tahun. selain itu, Haaland juga sempat mengaku kalau dirinya ingin memenangkan Liga Premier bersama Leeds.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here