Signature Move NBA

FFSPORTZ.COMSignature Move NBA – Sebagian besar pecinta basket sudah tahu bahwa pertama kali basket diciptakan oleh James Naismith pada 1891. Sejak saat itu, banyak perubahan yang sudah terjadi diantaranya peraturan permainan, pemain dan bahkan gaya bermain mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan pergerakan dunia yang juga semakin dinamis. NBA, sebagai gelaran bola basket paling bergengsi di dunia juga menganut perubahan – perubahan seperti ini. Aturan demi aturan dibuat dan diubah demi membuat NBA semakin menarik untuk ditonton dan menghilangkan kesan membosankan.

Deretan Signature Move pemain basket NBA

Berbicara sesuatu hal yang menarik dan yang tidak membosankan, ada sejumlah pemain basket NBA yang menciptakan gerakan – gerakan spesial saat bertanding. Gerakan – gerakan tersebut dinamakan “Signature Move”. Tak banyak pemain basket yang memiliki signature move, bahkan ada signature move pebasket yang tidak bisa dihentikan oleh lawan. Signature move yang tidak bisa dihentikan lawan timbul karena ketangkasan pemain sendiri. Para pemain mengembangkan gerakan yang sesuai dengan keunggulan mereka dan membuat lawan kuwalahan. Berikut ini ada sedikit informasi menarik mengenai signature move atlet basket NBA yang melegenda.

  1. Skyhook (Kareem Abdul-Jabbar)

Skyhook milik Kareem Abdul-Jabbar adalah Signature Move yang tidak dapat dihentikan lawan sepanjang sejarah NBA. Perlu diketahui bahwa sebenarnya pemilik asli gerakan ini bukanlah Kareem Abdul-Jabbar. Dia bukan pebasket pertama yang melakukan gerakan ini, namun Skyhook ini merupakan bentuk pengembangan dari Hook Shot yang dilakukan oleh pebasket Lithuania, Pranas Talzunas pada 1937. Dan dikembangkan oleh legenda basket George Mikan pada pertengahan 1940.

  1. Dream Shake (Hakeem Olajuwon)

Berbeda dengan Skyhook, Dream Shake lebih sulit dideskripsikan karena pada dasarnya terlalu banyak variasi yang bisa dibuat dari signature move ini. Gerakan yang diciptakan oleh Hakeem Olajuwon ini memiliki faktor utama yang mempengaruhi Dream Shake yaitu kemampuan footwork (gerakan kaki) pemain basket. Bahkan, legenda Shaquille O’Neal pernah menyatakan kalau Dream Shake sebagai gerakan yang paling susah dia hentikan.

3. Fadeaway (Michael Jordan & Kobe Bryant)

Fadeaway sebenarnya merupakan gerakan menembak dengan menjauhi ring sambil melompat. Sebelum melompat, baik Jordan atau Kobe akan melakukan gerakan mengecoh lawan. Persaman gerakan fadeaway dengan kedua siganture move sebelumnya adalah area operasi mereka yang berada di jarak menengah (midrange) dan dimulai dengan permainan pos.

4. One-Legged Fadeaway (Dirk Nowitzki)

Pada saat Dirk Nowitzki mulai menapaki NBA, dia belum memiliki gerakan ini. Namun setelah Dirk meraih gelar MVP pada 2007 lalu, One-Legged Fadeaway  semakin mulai sering terlihat di pertandingan. One-Legged Fadeway ini hampir serupa dengan nyaris serupa dengan gerakan fadeaway Michael Jordan dan Kobe Bryant. Akan tetapi terlihat lebih sederhana dan tidak membutuhkan atletisme tingkat tinggi.

5. Drive Foul & Step-back (James Harden)

Gerakan James Harden kali ini sulit untuk dihentikan lawan juga. Tidak tanggung – tanggung, dia memiliki gerakan Drive Foul dan Step-back.  Secara sekilas, memang gerakan step-back sudah sering digunakan, akan tetapi James punya ciri khas. James memiliki dua tujuan dalam melakukan gerakan ini, yaitu mencetak poin dan mendapatkan foul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here