Pebulutangkis Pasangan Kevin Sanjaya

FFSPORTZ.COMBulutangkis Indonesia – Jika sebelumnya nama pebulutangkis top dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo disibukan dengan aksi donasinya kepada para korban corona di Tanah Air. Namun kali ini akan kami berikan informasi salah satu duo Bulutangkis peringkat satu dunia The Minions tersebut.  Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo telah banyak mendapat gelar dan prestasi di kancah bulutangkis dunia. Meski dalam gelaran All England 2020 kemarin sempat kalah dari ganda Jepang Endo/Watanabe, akan tetapi posisi The Minions masih tetap tak tergoyahkan.

Sederetan pebulutangkis pasangan Kevin sebelum dengan Marcus

Saat ini tak banyak pebulutangkis seperti Kevin di Pelatnas yang mampu berprestasi meskipun dipasangkan dengan pasangan berbeda. Misalnya, kalau boleh dibandingkan dengan Marcus, pebulutangkis yang berjuluk “Tangan Gledek” ini bisa dibilang pemain bulutangkis yang unik. Diketahui bahwa Kevin telah sering bergonta ganti pasangan dalam ganda putra. Meskipun begitu, hasilnya tetap memuaskan. Perlu diketahui bahwa Pasangan Kevin yaitu Marcus, bukan satu – satunya pasangan di ganda putra Timnas bulutangkis Indonesia. Sebelum dipasangkan dengan Marcus, Kevin sempat dipasangkan dengan sejumlah Pebulutangkis top Indonesia lainnya. Siapa saja mereka? Berikut ini ada sederetan nama pebulutangkis pasangan Kevin sebelum dengan Marcus.

  1. Lukhi Apri Nugroho

Kevin pertama kali dipasangkan dengan Lukhi Apri Nugroho ketika masih di PB Djarum Kudus. Mereka sukses menjadi Runner Up di kejuaraan Singapore Internasional Series 2011. Tercatat waktu Kevin masih 14 tahun, namun mampu mengalahkan lawan yang kuat menuju final.  Pada semifinal Kevin/Lukhi berhasil mengalahkan Muhammad Ulinnuha/Ricky Karanda Suwardi yang merupakan ganda putra Pelatnas. Kevin bersama Lukhi berhasil mencatatkan ranking tertinggi di posisi 182 dunia pada Juni 2012.

  1. Masita Mahmudin

Setelah setahun berpisah dengan Lukhi, Kevin masuk dalam ganda campuran bersama Masita Mahmudin. Secara mengejutkan, Kevin/Masita berhasil mengalahkan pasangan terbaik Taiwan, Tang Chu/Ng Wing dalam ajang BWF World Junior Championship di Bangkok, Thailand.   Meski di Final kalah dengan pasangan Tiongkok, Huang Kaixiang/Chen Qingchen, tetapi pasangan Kevin/Masita mendapat apresiasi dari media Thailand. Mereka memberikan julukan “Flying Kevin” sebab Kevin sering melakukan Jump Smash. Selain itu, dia juga mendapat pujian dari pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi yaitu sebagai pemain yang cerdas, cepat tahu kelemahan lawan.

  1. Selvanus Geh

Pada tahun 2014, Kevin dipasangkan dengan Selvanus Geh. Di tahun itu juga Ganda putra Kevin/Selvanus menjuarai tiga turnamen sekaligus yakni Selandia Baru Grand Prix Gold, Vietnam International  Challenge dan Bulgarian International Challenge. Kemudian di kejuaraan Indonesia Masters 2014, ganda putra yang digadang – gadang menjadi ganda putra masa depan itu menempati posisi Runner Up. Pada 2015, Selvanus didiagnosis terkena penyakit paru – paru dan terpaksa di coret dari Pelatnas demi kebaikannya.

  1. Greysia Polii

Setelah dipasangkan dengan Masita Mahmudin, Kevin dipasangkan dengan Greysia Polii. Pasangan Kevin/Greysia sempat menjadi bahan pembicaraan sebab mereka berhasil mengalahkan ganda campuran peringkat satu dunia, Zhang Nan/Zhao Yun di babak pertama Indonesia Terbuka Super Series Premier 2014 di Istora Senayan, Jakarta. Kemenangan ini membuat Kevin Sanjaya mulai dikenal Publik, meski pada waktu itu menjadi pebulutangkis lapis kedua.

  1. Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira

Pada saat tampil di Indonesia Masters 2016, Kevin/Wahyu Nayaka bermain tanpa beban. Meski hanya berlatih dua kali sebelum turnamen, namun mereka sukses menjadi kampiun. Sebelum mengalahkan ganda tangguh Tiongkok Heng Chengkai/ Zhou Haodong di Final, secara mengejutkan Kevin/Wahyu Nayaka berhasil mengalahkan dua ganda andalan Pelatnas. Setelah itu pada Desember 2015, Kevin dipasangkan dengan Marcus hingga saat ini dan menjadi ganda putra peringkat satu dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here