Fakta Unik Voli
jupiterlotto

FFSPORTZ.COMFakta Voli – Di Indonesia ada banyak ajang voli yang digelar baik skala daerah maupun  nasional. Untuk skala nasional, ajang voli yang paling bergengsi adalah Proliga yang dimulai sejak 2002 silam. Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak ditemukan dilingkungan masyarakat, baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Seperti yang diketahui pertama bahwa olahraga voli merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lawan menggunakan tangan. Jumlah pemain dalam satu tim atau regu terdiri atas enam orang. Selain itu ada yang unik ketika bermain voli yang belum banyak diketahui banyak orang. Apakah yang unik dari voli? Berikut informasinya.

Fakta unik yang belum diketahui saat bermain voli

Sama – sama menggunakan bola besar, voli nampaknya kalah pamor dengan sepak bola dan basket. Namun banyak hal yang  belum diketahui dari olahraga voli ini. Berikut ini ada 5 fakta unik yang belum diketahui saat bermain voli.

  1. Awalnya sulit, jika sering dilatih maka akan mudah

Butuh waktu yang lama dan memerlukan disiplin tinggi agar bisa memainkan permainan bola voli. Pertama memang akan membuat tangan menjadi sakit dan rasa lelah. Maka dari itu, tidak hanya teori yang diperlukan untuk memainkannya, namun juga perlu kerja keras dan usaha serta pantang menyerah.

  1. Bermain voli tidak terfokus satu posisi

Berbeda dengan sepak bola, voli tidak terfokus pada satu posisi pemain saja sebut saja, bek, penjaga gawang, atau penyerang. Setiap pemain voli harus bisa memainkan beberapa peran baik itu saat di depan net atau di posisi belakang. Untuk diketahui bahwa ada tiga peran dalam voli, pertama sebagai tosser atau biasanya disebut pengumpan sekaligus pengatur serangan. Kedua, peran spiker yang memiliki tugas menyemash. Kemudian yang ketiga ada libero yang bertugas untuk menerima atau menahan serangan – serangan dari lawan. Permainan voli bersifat roling, maka setiap pemain harus siap diposisi depan atau belakang.

  1. Bola voli jaman dulu kerasnya seperti bola basket

Pada jaman dulu bola voli yang digunakan adalah bagian dalam dari bola basket. Namun saat ini tidak berlaku. Menurut sejarahnya, pada 1895, sang penemu voli, William G. Morgan menggunakan bagian dalam dari bola basket sebagai bolanya agar dapat dimainkan orang – orang yang lebih tua. Bola ini menjadi standar bola voli hingga bola khusus diproduksi oleh merek Spalding. Kemudian dirancang berdasarkan olahraga lain asal Jerman bernama Faustball, lalu permainan ini kemudian berganti nama menjadi Volley Ball.

  1. Memiliki atlet voli wanita yang kebanyakan berparas cantik

Salah satu daya tarik dari olahraga voli adalah atlet wanitanya yang memiliki paras cantik. Hal ini didukung dengan postur tubuh yang proporsional sebab kaki yang panjang layaknya seorang model. Untuk saat ini, timnas yang kerap disebut – sebut memiliki skuad voli yang rata – rata cantik adalah timnas Kazakhstan dan juga Turki, namun tak menutup kemungkinan bahwa dari negara lain juga memiliki timnas voli wanita yang tidak kalah cantik.  Saat ini yang santer dibicarakan adalah pevoli cantik Sabina Altynbenkova dari Kazakhstan. Untuk Indonesia sendiri ada banyak atlet voli cantik misalnya Pungky Afriecia, Tri Retno Mutiara dan lain – lain.

  1. Melakukan smash merupakan cara terbaik mematikan lawan

Sebagai penggemar olahraga voli pasti akan terkagum – kagum jika melihat atlet voli idolanya melakukan smash. Para penggemar yang menyaksikan permainan bola voli akan merasa terhibur. Selain smash, semua hal yang terjadi pada saat laga voli itu membuat tegang. Akan tetapi, akan menjadi semakin seru kalau para penggemar voli juga bisa memainkan voli. Benar bukan? Dalam voli, sering digunakan untuk mencetak poin adalah dengan menggunakan teknik smash. Gerakan ini memang bisa sangat mematikan. Selain itu, smash sendiri merupakan gerakan andalan banyak tim – tim voli untuk memenangkan pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here