4 Klub Papan Atas Bundesliga Bantu Masalah Finansial Klub – Klub Kecil

FFSPORTZ.COM – Ditengah mewabahnya virus corona yang semakin menjalar ke seluruh penjuru dunia, hal yang sebaiknya dilakukan adalah saling membantu agar tidak semakin parah dan tentu saja agar virus mematikan ini cepat menghilang. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa Klub Bundesliga yang melakukan tindakan sosial atas akibat virus corona. Diketahui bahwa ada empat klub Bundesliga yang menunjukkan aksi tersebut yaitu Bayern Muenchen, Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund,dan RB Leipzig. Empat klub tersebut diketahui telah membantu klub – klub peserta Bundesliga dan Bundesliga 2 yang tengah hadapi masalah krisi financial. Menurut laporan dari Sky Sports, keempat klub tersebut mengumpulkan dana sebesar 20 juta Euro atau sekitar Rp 357 milyar pada Jumat kemarin.

Empat klub Bundesliga tunjukkan solidaritas kepada klub – klub lain

Menurut CEO Bayern Muenchen, Karl Heinz Rummenigge mengatakan bahwa Bayern Muenchen bersama tiga klub Bundesliga lainnya ingin menunjukkan solidaritas kepada semua klub Bundesliga dan Bundesliga 2. Disaat masa – masa sulit ini, penting bagi klub yang kuat untuk membantu yang alami kesulitan. Selain itu, menurut CEO Borussia Dortmund, Hans Joachim Watzke mengatakan bahwa mereka juga menunjukkan kalau sepak bola saat ini berdiri sama.  Saat ini yang sangat penting adalah solidaritas di tengah lesunya kondisi perekonomian klub akibat virus corona.

Borussia Dortmund memiliki peran yang besar untuk masyarakat melalui beberapa inisiatif. BVB siap membantu klub sepak bola profesional yang tersandung masalah keuangan. Christian Seifert yang merupakan juru bicara DFL dan juga selaku operator kompetisi mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan Bayern Muenchen dan klub – klub lainnya. Seifert mengatakan bahwa inisiatif ini menunjukkan bahwa solidaritas di Bundesliga dan Bundesliga 2 bukan suatu omong kosong. Kemudian tak lupa juga bahwa pihak DFL Berterima kasih kepada keempat klub Bundesliga tersebut.

Muenchen, Leverkusen, Dortmund ,dan RB Leipzig bantu klub Bendesliga lain

Bayern Muenchen, Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund,dan RB Leipzig akan menyumbangkan pendapatan mereka untuk membantu klub-klub kecil Bundesliga dan juga klub – klub di liga bawah. Hal ini karena banyak tim dari divisi bawah bergantung dari penjualan tiket dan hak siar TV untuk bisa bertahan. Jadi klub – klub divisi bawah merupakan klub yang paling terdampak serius dari penangguhan liga karena wabah virus covid-19 ini. Sedangkan untuk Bundesliga sendiri menghadapi ancaman kehilangan pendapatan mencapai 770 juta euro dari kontrak TV.

Pada dasarnya, apa yang sudah dilakukan 4 klub teratas bundesliga tersebut adalah menambahkan uang tambahan yang akan didistribusikan kepada klub – klub yang paling membutuhkan. Rincian sumbangan keempat klub adalah 12,5 juta euro atau sekitar Rp 223 miliar berasal dari pendapatan hak siar TV, sementara 7,5 juta euro  atau sekitar Rp 134 miliar lainnya berasal dari dana pribadi masing – masing klub. Diketahui bahwa perwakilan dari keempat klub tersebut sudah bertemu untuk membicarakan ide tersebut dan mencari cara untuk melakukannya. Sebagai informasi terakhir, DFL Kompetisi Bundesliga dan Bundesliga 2 telah ditangguhkan sampai 30 April 2020 akibat wabah virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here