EuroVolley U17W

Kejuaraan Voli Eropa – Dua belas tim akan bertanding di Babak Final kejuaraan EuroVolleyU17W tahun ini  pada 1-9 Oktober 2020 di Podgorica, Montenegro. Kabar menggembirakan tersebut didapat setelah Federasi Bola Voli Montenegro (OSCG) mengonfirmasi kesiapan dan kemampuan mereka untuk menyelenggarakan turnamen dengan mematuhi protokol kebersihan dan kesehatan yang ketat dan untuk menampung semua delegasi. Pengundian slot yang relevan berlangsung pada Kamis pagi di Luksemburg. Ke 12 tim tersebut akan dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri masing – masing enam tim.

12 Tim Voli Putri Siap Mengikuti Kejuaraan EuroVolley U17W

Sejak CEV harus membatalkan kualifikasi putaran kedua disebabkan pandemi virus corona, enam tim telah bergabung dengan tuan rumah Montenegro dan pemenang kualifikasi zona putaran pertama yang diadakan pada akhir 2019 atau awal 2020 untuk menyelesaikan turnamen, yakni Finlandia. Meskipun demikian, Finlandia telah mengundurkan diri dari kompetisi. Sesuai keputusan Dewan Administrasi CEV, tim terbaik berikutnya dari Peringkat Eropa yang relevan yakni Polandia akan mengambil alih posisi tersebut.

Serbia, Rusia, Italia, dan Slovakia secara berurutan masing-masing lolos melalui turnamen kualifikasi BVA, EEVZA, WEVZA dan MEVZA dengan sangat baik.  Tim yang tersisa yakni Belarusia, Jerman, Slovenia, Turki, Bulgaria, Rumania, dan Polandia lolos melalui peringkat Eropa terbaru untuk tim nasional wanita U17. Adapun untuk tim yang berada di Pool I, diantaranya Montenegro, Italia, Slovenia, Turki, Bulgaria, dan Slovakia. Untuk Pool II ada Rusia, Belarus, Jerman, Serbia, Romania dan Polandia.

Montenegro Sudah Adakan Empat Kali Kejuaraan Bola Voli

Dua tim teratas dari setiap pool akan memainkan pertandingan semifinal dan memperebutkan juara pertama, dengan no. 3 dan 4 melanjutkan perjalanan mereka di pertandingan klasifikasi 5-8. Selain itu, enam besar dari final akan mengamankan partisipasi mereka di edisi berikutnya Kejuaraan Dunia FIVB U18 putri yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang.

Perlu diketahui bahwa ini adalah kejuaraan yang kedua European Championship Final yang berlangsung di Montenegro sejak negara itu merdeka pada tahun 2006. Pada tahun 2013 silam, Montenegro menjadi tuan rumah bersama Serbia pada tahap final Kejuaraan Eropa Wanita U18. Acara di Montenegro ini adalah koejuaraan bola voli kelompok usia CEV keempat yang diselenggarakan pada masa virus corona. Sementara 2018 lalu, ajang ini digelar di Bulgaria, dan Rusia merebut medali emas, sementara Italia dan Turki menyelesaikan podium di tempat ke 2 dan ke 3. Sementara itu, untuk kejuaraan tahun ini, tim difavoritkan juara adalah Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here