11 Wakil Pebulutangkis Indonesia Melaju Ke Olimpiade Tokyo 2020

FFSPORTZ.COM – Kabar gembira datang dari cabang olahraga bulutangkis Tanah Air. Sejumlah wakil bulutangkis Indonesia sudah dipastikan lolos menuju Olimpiade Tokyo 2020. Menurut Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto tercatat ada 11 pebulutangkis Indonesia siap melenggang ke Negeri Sakura, meskipun babak kualifikasi baru berakhir pada bulan April mendatang. Kesebelas wakil Indonesia tersebut sudah masuk ke dalam tujuh nomor diantaranya dua tunggal putra, dua ganda putra, satu tunggal putri, satu ganda putrid dan satu ganda campuran.

Wakil – wakil bulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Selain ganda Indonesia yang fenomenal, The Minions (Kevin/Markus) sebagai peringkat satu dunia dan juga The Daddies (Ahsan/Hendra) yang menempati peringakat dua dunia, untuk nomor tunggal putra yaitu Anthony S. Ginting dan Jonatan Cristie cukup menjadi bahan pembicaraan.  Sebab berdasarkan perhitungan terakhir BWF per 3 maret kemarin, Anthony mengantongi 75.332 poin dan Jojo sebanyak 72.940 poin. Sudah dipastikan posisi mereka cukup aman karena masuk delapan besar dunia bulutangkis. Selain mereka berenam ada pebulutangkis lain yaitu Gregoria Mariska Tanjung, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Untuk ganda putri Greysia/Apriyani diposisi peringkat ketujuh dengan torehan poin 67.805 jauh diatas poin pasangan Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai  yang mengoleksi 51.097 poin yang meskipun berada urutan delapan. Kemudian untuk nomor ganda campuran, ada pasangan Praveen/Melati duduk di peringkat kelima dengan 70.527 poin yang nampaknya juga sulit digeser oleh pasangan lain di posisi bawahnya.

Peluang para pebulutangkis negara lain di Olimpiade Tokyo 2020

Pada sektor ganda putra tanah dan nomor – nomor lain secara garis besar sudah dibilang di atas 50% aman. Terutama di nomor ganda putra, Kevin/Marcus dan Hendra/Ahsan tentu sulit untuk digeser begitu saja karena mereka menempati peringkat satu dan dua besar kualifikasi Olimpiade 2020. Lalu bagaimana dengan pebulutangkis negara lain? Misalnya pebulutangkis Malaysia ,Lee Zii Jia yang duduk di peringkat sembilan dengan perolehan jarak poin yaitu sangat besar 11.899 dari pebulutangkis Hongkong NG Ka Long Angus di peringkat kedelapan.

Lee dan NG Ka Long cukup sulit untuk menggeser wakil Indonesia pun akan cukup sulit menggeser wakil – wakil Indonesia. Menurut informasi, pihak PP PBSI menargetkan ada 13 atlit yang melaju di OLimpiade Tokyo. Dengan mengamankan tujuh kuota di Olimpiade, akan tetapi PP PBSI masih ingin menambah satu kuota lagi untuk nomor ganda campuran yaitu Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja pada ganda campuran. Posisi Hafiz/Gloria untuk lolos ke Olimpiade itu bisa dibilang cukup riskan, berada peringkat kedelapan dengan mengoleksi 59.051 poin. Posisi mereka masih mungkin digeser pebulutangkis negara lain. Kesempatan untuk mengamankan posisi bisa mereka peroleh melalui empat turnamen tersisa, yaitu All England, India Open, Malaysia Open, dan Singapore Open.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here